Segini Biaya Servis Motor Yamaha

Berita Otomotif

Segini Biaya Servis Motor Yamaha

Biaya servis motor Yamaha bisa dibilang cukup terjangkau, jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda perawatan berkala dan mengganti suku cadang. Terlebih Yamaha memiliki ratusan bengkel resmi yang tersebar di berbagai wilayah, sehingga memudahkan pelanggan yang mau melakukan perawatan motornya.

Sepeda motor merupakan alat transportasi paling praktis dan efisien. Dengan menggunakan sepeda motor, penggunanya bisa mencapai tempat tujuan lebih cepat dan biaya yang lebih ramah kantong.

Namun motor sama seperti kendaraan bermotor lainnya, tetap harus mendapat perawatan rutin. Hal ini untuk menjaga setiap komponen motor tetap berfungsi normal.

Salah satu bagian yang harus mendapat perawatan rutin adalah mesin. Sumber daya kendaraan ini tidak hanya membutuhkan bahan bakar untuk menjalankan fungsinya, tapi harus mendapatkan pelumasan yang sempurna pada seluruh komponen bergeraknya.

Pelumas sendiri memiliki daya tahan di dalam mesin kendaraan, maka dari itu dibutuhkan perhatian dari pemiliknya. Pelumas juga terbagi menjadi beberapa bagian, khususnya pada motor matik.

Pelumas paling umum digunakan adalah untuk ruang bakar alias mesin. Oli juga dibutuhkan ruang penggerak atau gardan pada motor matik.
Servis Motor Yamaha

Oli yang berfungsi dengan baik akan menjaga setiap komponen bergerak untuk setidaknya meminimalisir gesekan. Dengan minimnya gesekan, maka komponen bergerak di dalam mesin akan menjadi lebih panjang umurnya.

Nah, untuk mencegah kerusakan komponen di dalam ruang mesin dan gardan perlu dilakukan penggantian oli. Pelumas yang sudah kehilangan kemampuan aslinya untuk mengurangi gesekan harus segera diganti.

Karena jika Anda telat atau bahkan lupa sama sekali untuk mengganti oli, perawatan kendaraan akan semakin mahal. Hal ini dikarenakan banyak komponen yang harus diganti selain pelumas.

Servis di Bengkel Resmi

Untuk Anda yang membeli motor Yamaha dari kondisi baru, tidak perlu terlalu khawatir, karena pada umumnya pabrikan memberikan garansi servis gratis hingga periode tertentu.

Yamaha Indonesia memberikan layanan servis gratis sebanyak empat kali sesuai dengan jarak tempuh.

Motor berlambang Garpu Tala ini memberikan rincian servis gratis pada KM 1.000, 4.000, 8.000, dan 12.000.

Lalu untuk perawatan selanjutnya, konsumen akan dikenakan biaya servis dan penggantian suku cadang (apabila ada).
Servis Yamaha

Para pemilik motor Yamaha, biasakan untuk melakukan servis di bengkel resmi. Hal ini guna membuat garansi yang diberikan tidak hilang atau hangus.

Jika Anda ingin melakukan perawatan kendaraan di bengkel resmi Yamaha, sebaiknya booking terlebih dahulu. Hal ini guna meminimalisir antrian yang panjang, terutama di bengkel resmi yang kerap ramai oleh pengunjung.

Pada masa pandemi seperti saat ini, melakukan booking terlebih dahulu sangat berguna sehingga tidak perlu berlama-lama di bengkel atau bisa juga memilih layanan Home Service.

Latas yang menjadi pertanyaannya berapa biaya servis motor Yamaha setelah garansi habis?

Biaya Servis Motor Yamaha

Perawatan motor Yamaha yang paling dasar dan harus dilakukan secara rutin adalah tune up. Langkah ini merupakan pengecekan beberapa komponen kendaraan meliputi pengecekan tekanan ban, rantai atau CVT (pengecekan normal tanpa bongkar), kelistrikan, pengabut bahan bakar baik karburator atau injeksi (ECU), dan saringan udara.

Tune up di bengkel resmi pada saat motor memasuki usia 16 bulan atau 16.000 KM (mana dulu yang tercapai), membutuhkan biaya jasa mulai dari Rp50 ribu hingga Rp85 ribu. Lalu pada 20.000 KM atau 20 bulan jasa servisnya mulai dari Rp50 ribu hingga Rp80 ribu.
Servis Yamaha

Seterusnya mulai 24.000 Km atau 24 bulan hingga 48.000 KM atau 36 bulan, biaya jasa servisnya tetap Rp85 ribu. 

Biaya-biaya tersebut belum termasuk penggatian spare parts setiap kali kunjungan.

“Untuk harga jasa servis sebenarnya beragam di setiap bengkel resmi. Antara Rp50 ribu hingga Rp80 ribu untuk servis ringan. Yang menentukan harga adalah daerah dan fasilitas yang dimiliki bengkel itu sendiri,” ucap Slamet Kasianom, Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada Mobil123.com.

Rincian biaya tadi apabila pemilik motor Yamaha melakukan servis di bengkel resmi.

Sementara di bengkel umum jasa servis bervariasi, tergantung dari lokasi, dan nama besar bengkel itu sendiri.

Jika Anda menyambangi bengkel rumahan, biaya jasanya berkisar di angka Rp20 ribu tergantung dari tingkat kesulitan pekerjaan.

Beberapa bengkel menetapkan harga yang berbeda untuk jenis motor, semakin kecil dimensinya maka semakin murah harganya.
Servis Kunjung Yamaha

Untuk Anda yang memilih bengkel umum atau rumahan, biasanya pemeriksaan sepeda motor tidak menggunakan alat diagnosa mesin.

Padahal motor modern sekarang ini seluruhnya telah menggunakan sistem pembakaran injeksi, maka akan lebih mudah melakukan pengecekan kendaraan melalui komputer.

Meskipun biaya jasa di bengkel umum atau rumahan lebih murah, tapi tidak sedikit orang yang pada akhirnya kembali ke bengkel resmi, karena tidak menemukan solusi perbaikan yang tepat.

Lebih parah lagi, jika sudah pernah melakukan servis di bengkel umum dan masalah tidak tuntas, maka garansi akan hangus.

Rincian Pekerjaan Interval Service Yamaha di Bengkel Resmi

No

Bagian

Pekerjaan yang dilakukan

Pembacaan Odometer

Pemeriksaan Tahunan

1000 KM atau 1 Bulan

4000 KM atau 4 bulan

8000 KM atau 12 bulan

12000 KM atau 12 bulan

16000 KM atau 16 bulan

1

Saluran bahan bakar

  • Periksa retakan atau kerusakan selang bahan bakar

 

 ya

 ya

 ya

 ya

 ya

2

Saringan bahan bakar

  • Periksa kondisinya - ganti jika perlu

setiap 12000 KM

3

Busi

  • Periksa kondisi

 

 ya

ya 

ya 

ya 

 Ya

  • Bersihkan dan setel celah

 

ya

ya

ya

ya

ya

  • Ganti

setiap 8000 KM

4

Katup

  • Periksa celah katup

 

 ya

 ya

ya 

ya 

 Ya

  • Setel jika diperlukan

 

 ya

 ya

ya 

ya 

 Ya

5

Fuel Injection

  • Periksa putaran langsam mesin

 

 ya

 ya

 ya

Ya

 Ya

6

Sistem pembuangan

  • Periksa jika ada kebocoran

 

 ya

ya 

ya 

ya 

 Ya

  • Kencangkan jika ada yang longgar

 

ya 

ya 

ya 

 ya

 Ya

Harga Spare Parts fast moving Yamaha

  • Kampas rem depan cakram mulai Rp45 ribu
  • Kampas rem belakang tromol Rp35 ribu
  • Roller matik mulai Rp20 ribu
  • V-belt mulai Rp75 ribu
  • Oli mesin mulai Rp45 ribu
  • Oli gardan mulai Rp25 ribu
  • Gemuk Rp10 ribu

Harga di atas bergantung pada model-model yang Anda miliki. Semakin besar kapasitas mesinnya, maka harga spare parts akan lebih mahal.

Spare parts orisinal buatan pabrik dibuat khusus untuk motor yang Anda gunakan. Sehingga daya tahan dari produk jelas akan lebih baik daripada tiruannya.

Keuntungan Servis di Bengkel Resmi
Dealer Yamaha

Melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha lebih menguntungkan. Terlebih jika unit yang Anda miliki telah menggunakan teknologi injeksi.

Untuk motor yang melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Yamaha, saat ini bisa memanfaatkan aplikasi My Yamaha untuk mengetahui catatan servis kendaraan.

Aplikasi tersebut juga bisa memberi informasi kapan Anda harus melakukan servis rutin. [Dew/Ses]

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar