Saham Ferrari Siap Dijual

Berita Otomotif

Saham Ferrari Siap Dijual

MARANELLO - Setelah bos Ferrari Luca di Montezemolo keluar untuk kemudian digantikan perannya oleh bos Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Sergio Marchionne, induk semang Ferrari itu langsung melakukan sebuah hal yang mengagetkan banyak pihak. Saham Ferrari mereka jual.

Sebelumnya, rumor terkait keluarnya Montezemolo dari Ferrari yang sudah dia pimpin selama 2 dekade itu terjadi karena Marchionne dikabarkan mendesak Ferrari untuk memproduksi lebih banyak mobil.

Tapi Ferrari menolaknya karena dikhawatirkan malah akan menurunkan nilai eksklusifitas brand ini yang pada akhirnya secara jangka panjang malah akan merugikan. Ferrari malah membatasi produksi mobil mereka tapi menaikkan harga dan menggenjot sektor lain. Hasilnya, pendapatatn Ferrari tetap naik walau produksi mobilnya sedikit.

Kini, kabar kembali datang dari FCA Groupdimana mereka telah membuat keputusan untuk menjual saham Ferrari sebagai bagian dari rencana laba jangka panjang.

Akan ada 10 persen saham Ferrari yang akan dilepas ke pasar, 90 persen lain tetap dipegang oleh FCA. Penjualan Ferrari ini diharapkan akan membantu mendukung sukses jangka panjang Grup  tersebut yang fokus pada merek yang lebih utama yang seperti Fiat, Jeep dan Alfa Romeo.

Brand Ferrari memang merupakan brand yang unik. Dengan produksi mobil kecil, pendapatan mereka bisa besar. "Ketika kita bergerak maju untuk mengamankan Rencana Bisnis 2014-2018 dan bekerja ke arah memaksimalkan nilai bisnis kami kepada para pemegang saham, sudah selayaknya kita membuat jalur yang terpisah untuk FCA dan Ferrari," kata Marchionne.

"Dewan mendukung tekad manajemen bahwa transaksi ini merupakan program FCA terbaik untuk mendukung keberhasilan jangka panjang dari Grup, sementara pada saat yang sama secara substansial memperkuat basis modal FCA," tambahnya.

"Pemisahan Ferrari akan melestarikan warisan Italia dan posisi unik Ferrari di bisnis ini serta memungkinkan pemegang saham FCA untuk terus mendapatkan keuntungan dari nilai substansial yang melekat dalam bisnis ini," lugas Chairman FCA John Elkann. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual