Robot Yamaha Kalah Jauh dari Rossi

Berita Otomotif

Robot Yamaha Kalah Jauh dari Rossi

CALIFORNIA – Robot Yamaha bernama Motobot yang merupakan bagian dari motor otonom, dikalahkan Valentino Rossi di lintasan.

Yamaha beberapa tahun belakangan ini terus mengembangkan sebuah motor otonom dengan basis R1M. Motor jenis sport dari Yamaha tersebut, menggunakan perangkat hardware yang dinamakan dengan Motobot.

Sosok robot buatan pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut, mendeklarasikan bahwa dirinya mampu mengalahkan legenda balap MotoGP. Tidak tanggung-tanggung, Motobot menantang Rossi di lintasan balap guna mendapatkan catatan waktu paling cepat.

Bertempat di Thunderhill Raceway Park, California, Motobot sesumbar dapat mengalahkan perolehan waktu juara dunia MotoGP 7 kali tersebut. Keduanya menggunakan motor yang sama yakni Yamaha R1M. Mereka juga menempuh lap yang sama satu sama lain.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Alih-alih Motobot mampu mengalahkan pembalap Movistar Yamaha MotoGP, robot tersebut justru dipecundangi. Berdasarkan catatan waktu, Motobot tertinggal 30 detik dari hasil yang ditorehkan Rossi.

Meskipun kalah cukup jauh, langkah Yamaha dalam menciptakan motor otonom sangat luar biasa. Dengan bentuk layaknya manusia, Motobot mampu berkerja baik dalam mengontrol motor. Mahluk ciptaan Yamaha tersebut sangat piawai mengatur bukaan gas, rem hingga kopling.

Setiap gerak-gerik Rossi di lintasan menjadi acuan Motobot untuk mengendarai motor. Namun jika dibandingkan dengan pembalap sekaliber Rossi, robot ini jelas kalah pengalaman. Dalam hal ini feeling pembalap berjuluk The Doctor tersebut sudah jauh terasah.

Namun seperti dalam video yang dirilis Yamaha, mereka masih belum puas dengan hasil ini. Pabrikan motor asal negeri Sakura tersebut bertekad untuk terus mengembangkan Motobot. Mereka tidak akan berhenti hingga bisa benar-benar mengalahkan Rossi

. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual