Rekor! 297 Ribu Mobil Toyota Rakitan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri

Berita Otomotif

Rekor! 297 Ribu Mobil Toyota Rakitan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri

JAKARTA – Ekspor mobil Toyota rakitan Indonesia melonjak dan mencatatkan rekor pada 2022 kemarin.

Toyota, melalui keterangan resmi baru-baru ini, mengumumkan pencapaian ekspor mobil produksi Indonesia secara utuh (completely built up/CBU) sebanyak 297 ribu unit tahun lalu.

Peningkatannya, dibandingkan dengan 2021 (year on year/yoy), mencapai 58 persen.

Mobil-mobil itu dikirimkan ke lebih dari 80 negara.

Jenama asal Jepang ini diketahui merakit mobil untuk pasar domestik maupun luar negeri di pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) maupun di pabrik ‘adik’ mereka PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

ekspor Toyota Veloz

Adapun total ekspor mobil nasional dari seluruh merek sepanjang 2022 mencapai 473.602 unit. Kontribusi Toyota di dalamnya mencapai 63 persen.

Pencapaian tahun lalu merupakan rekor ekspor mobil Toyota terbanyak dari Indonesia, sejak mereka melakukannya pertama kali pada 1987 silam.

Secara total, Toyota telah mengapalkan sekitar 2,3 juta mobil buatan Indonesia selama tiga tahun.

“Perjalanan pertumbuhan dan pencapaian ekspor industri otomotif nasional bukanlah suatu proses yang dapat kami raih secara singkat ataupun instan, namun membutuhkan kerja keras juga proses yang cukup panjang,” kata Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs TMMIN Bob Azam.

“Sejak tahun 1987, selama 35 tahun kami menginisiasi ekspor perdana kendaraan Toyota Indonesia buatan anak bangsa, dengan mengirimkan Kijang, hingga akhirnya berhasil mengirimkan 297 ribu unit kendaraan Toyota brand di sepanjang tahun 2022,” lanjut dia.

ekspor Toyota Fortuner

Model-model sport utility vehicle (SUV) menjadi penyumbang ekspor terbanyak Toyota dari Tanah Air dengan jumlah 149.200 unit. Adapun daftar modelnya ialah Toyota Fortuner, Toyota Rush, Toyota Raize.

Tahun lalu, Fortuner merambah pasar baru ekspor yakni Australia. Itu adalah pertama kalinya mobil rakitan Indonesia bisa masuk ke pasar otomotif ‘Negeri Kangguru’.

Model-model multi purpose vehicle (MPV) menjadi kontributor terbanyak kedua dengan volume mencapai 101 ribu unit. Di dalamnya ada Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Sienta, Toyota Kijang Innova, Toyota Town/Lite Ace.

Kendaraan jenis sedan, hatchback, plus low cost green car (LCGC) memberikan kontribusi paling kecil, dengan raihan 46.800 unit. Model-model yang termasuk ke dalam tiga segmen tersebut ialah Toyota Vios, Toyota Yaris, Toyota Agya.

“Tentunya, pencapaian ini tidak dapat kami raih tanpa adanya dukungan, insentif, serta kebijakan penuh dari Pemerintah,” tutup Bob. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar