Motor Listrik Korea Mirip Nmax Kabarnya akan Dirakit Lokal, Ini Kata Kemenperin

Berita Otomotif

Motor Listrik Korea Mirip Nmax Kabarnya akan Dirakit Lokal, Ini Kata Kemenperin

JAKARTA – Kementerian Perindustrian mengaku belum dihubungi oleh pabrikan Korea Selatan MBI yang mengaku berencana memproduksi dan menjual motor listrik di Indonesia. Salah satu model motor listrik MBI sendiri disebut-sebut mirip Yamaha Nmax.

Beberapa pekan terakhir, muncul pemberitaan yang mengatakan bahwa MBI akan menjual motor-motor listrik mereka di Tanah Air pada 2021. Tak hanya itu, mereka pun bersiap untuk berinvestasi dan melakukan perakitan lokal. MBI juga sudah punya akun Instagram bernama @MBI_Indonesia.

Menanggapi kabar tersebut, Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian mengaku belum dihubungi oleh MBI. Ia belum diberitahukan oleh sang pabrikan terkait rencana investasi.

“Kami belum menerima permohonan audiensi MBI dari Korea terkait rencana investasi di Indonesia,” ucap dia melalui pesan singkat kepada Mobil123.com di sela-sela libur panjang akhir pekan kemarin.

Menurut Putu, sebuah pabrikan otomotif perlu mengajukan dokumen permohonan Nomor Identitas Kendaraan (NIK) sebagai syarat melakukan perakitan lokal. Poin ini pun belum dilakukan oleh MBI.

“Hingga saat ini dokumen permohonan NIK tersebut belum diajukan,” tandas dia.

Mobil123.com menghubungi Putu kembali pada Senin (24/8/2020) siang. Hingga sekarang pun, menurut dia, belum ada komunikasi dari sang pabrikan.

MBI, seperti dikutip dari pemberitaan berbagai media massa arus utama, berancang-ancang memproduksi lokal serta menjual tiga model motor listrik mulai tahun depan. Adapun model-modelnya adalah MBI S, MBI V, MBI X.

Model yang disebutkan paling pertama berperawakan mirip Nmax. Sementara itu, dua model yang disebutkan belakangan masing-masing mirip Vespa maupun Honda Vario.

Motor listrik mereka akan diposisikan di segmen menengah ke atas. MBI S yang desainnya mengingatkan pada Nmax bakal dijual dengan perkiraan harga Rp 51 juta.

MBI V yang berbentuk mirip V kemungkinan berbanderol Rp 50 juta. MBI X dengan desain serupa Vario bakal menjadi model paling murah dengan prediksi harga Rp 49 juta.

Disebutkan pula bahwa MBI kini masih berdiskusi dengan calon partner perakitan lokal. Hingga detik ini, MBI telah membangun pabrik di berbagai negara. Selain di rumah mereka di ‘Negeri Ginseng’, fasilitas perakitan MBI terdapat pula di China maupun negara tetangga Indonesia yakni Vietnam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar