Puluhan Member Tosca Donor Darah di Tengah Pandemik Covid-19

Berita Otomotif

Puluhan Member Tosca Donor Darah di Tengah Pandemik Covid-19

JAKARTA – Sejumlah anggota Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) mendonorkan darahnya ke Palang Merah Indonesia Jakarta.

Langkah ini dilakukan karena sejak Cocona Virus Disease 2019 (Covid-19), jumlah pendonor darah berkurang drastis. Akibatnya, stok darah di PMI Jakarta berkurang sampai 70% dibandingkan sebelum adanya pandemik.

Inilah yang membuat Tosca melakukan aksi donor darah mandiri di PMI Jakarta di jalan Kramat Raya. Aksi tersebut pun diikuti oleh sedikitnya 20 member sehingga diharapkan bisa membantu meningkatkan kembali jumlah ketersediaan darah di PMI.

“Aksi donor darah ini dilakukan atas inisiatif member Tosca chapter Jakarta . Mudah mudahan langkah ini diikuti oleh chapter chapter Tosca lainnya di seluruh Indonesia,” ungkap Nandang Sugianto, Ketua Umum Tosca

Selain datang sendiri, PMI juga melakukan jemput bola, mendatangi tempat-tempat yang ingin jadi donor darah seperti perusahaan atau instansi.Untuk memberikan rasa aman bagi donor saat menyumbangkan darahnya, PMI Jakarta menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan donor darar oleh Tosca yang dimana stok darah saat ini sangat sedikit sekali dan mudah mudahan diikuti oleh komunitas komunitas lainnya “ujar dr Niken Wakil Ketua PMI Jakarta.

Sejak terjadinya pandemik Covid-19, jumlah pendonor darah berkurang drastis meski kebutuhan darah di tidak berkurang. Sejumlah darah pun dikabarkan sudah mengalami kelangkaan sehingga PMI melakukan beragam langkah guna mendapatkan darah dari para pendonor. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar