Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mitsubishi di Bekasi

Berita Otomotif

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mitsubishi di Bekasi

BEKASI - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pabrik baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik ini merupakan pabrik terbaru Mitsubishi yang akan memproduksi beberapa mobil seperti Pajero Sport dan XM Concept. Kedua mobil tersebut diharapkan menjadi tulang pungging penjualan Mitsubishi di masa depan.

Pabrik yang dibangun di lahan seluas 30 hektar ini memerlukan investasi sebesar Rp 7,5 triliun dan menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja. Dengan itu semua, maka pabrik Mitsubishi ini mampu memproduksi sekitar 160.000 unit kendaraan setiap tahun. Jumlah tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi 240.000 unit.

"Saya selalu mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh karena itu, investor tidak boleh dipersulit.agar ekonomi kita bergerak. Agar pertumbuhan ekonomi terus ada di negeri kita ini. Dan supaya rakyat kita bisa mendapatkan pekerjaan," ungkap Jokowi disela-sela peresmian pabrik siang tadi.

Beragam fasilitas telah dihadirkan di pabrik ini. Sebut saja full automatic press line, 53 robot pada bagian pengelasan dan robotic spray painting. Fasilitas tersebut dianggap merupakan teknologi terbaru dalam sistem produksi kendaraan di Indonesia.

Fasilitas tersebut menunjukkan bahwa Mitsubishi sangat serius dalam mengembangkan industri di tanah air. Maka tidak heran bila Presiden optimis bahwa pasar otomotif Indonesia akan terus berkembang dan investor akan terus tertarik.

"Indonesia sekarang makin kompetitif untuk industri otomotif. Tadi disampaikan oleh Carlos Ghosn (chairman of boaed Mitsubishi Motora)  bahwa pertumbuhan industri otomotif di Indonesia tumbuh rata-rata 10 persen lebih tiap tahunnya. Artinya, dengan pasar yang besar saya meyakini akan lebih banyak lagi investasi di bidang otomotif. Dan dengan semakin banyaknya investasi makin banyak lapangan kerja teraedia," tambahnya kemudian.

Meski demikian, Ia mengingatkan kepada produsen otomotif agar tetap memikirkan pasar ekspor meski pasar domestik sudah besar. Pasar ekspor dianggap penting karena untuk memaksimalkan industri otomotif di Indonesia.

Tak hanya itu, Ia pun memastikan bahwa pihaknya akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia. Industri, pariwisata dan perhubungan akan menjadi perhatian utama Pemerintah di masa yang akan datang.

Dalam produksinya nanti, Pajero Sport menjadi model pertama yang akan menjadi hasil produksi dari pabrik ini. Model teraebut akan menjadi model tertinggi Pajero Sport di Indonesia dan memiliki harga lebih mahal  ketimbang Pajero Sport yang diimpor dari Thailand.

Selain Pajero Sport, pabrik ini juga akan memproduksi low MPV pertama Mitsubishi di Indonesia yaitu XM Concept. Mobil yang telah dikenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 ini akan diluncurkan pada ajang serupa bulan Agustus mendatang. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support