Prediksi Fitur Hyundai Stargazer, Ada Rem Darurat Otomatis & Penjaga Jalur!

Berita Otomotif

Prediksi Fitur Hyundai Stargazer, Ada Rem Darurat Otomatis & Penjaga Jalur!

JAKARTA – Foto terbaru Hyundai Stargazer mengindikasikan adanya sejumlah fitur canggih, terutama yang terkait dengan keamanan dan keselamatan.

Hyundai, melalui akun Instagram mereka pada Selasa (28/6/2022), memperlihatkan foto meter cluster dari Hyundai Stargazer.

Sebelumnya, pada 17 Juni serta 24 Juni 2022, mereka memublikasikan masing-masing tiga foto eksterior serta tiga foto interior dari Stargazer yang diisukan akan sekelas dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, serta Wuling Confero ini.

Model-model yang disebutkan di atas bertarung di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Lebih lanjut, foto meter cluster Stargazer sendiri memperlihatkan tampilan 100 persen digital. Tidak ada indikator-indikator analog berupa jarum pada speedometer, tachometer, penunjuk level bensin, maupun penunjuk suhu mesin.

Di tengah-tengah meter cluster, tampak Multi Information Display (MID).

Bagian MID ini juga memperlihatkan sebuah bocoran penting terkait fitur. Patut diduga bahwa Stargazer akan ‘dipersenjatai’ dengan Hyundai Smartsense.

Hyundai Smartsense sendiri merupakan teknologi bantuan pengemudian aktif (Advanced Driver Assistance System/ADAS) yang di dalamnya terdapat berbagai fitur semiotonom canggih.

Pertama, di MID, bisa ditemukan tulisan ‘Emergency Braking’ disertai gambar mobil dan sebuah halangan di depannya. Bisa jadi, ini adalah indikator bagi fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

FCA bekerja dengan memberikan sinyal saat mobil terdeteksi berpotensi menumbuk obyek di depan kendaraan. Jika pengemudi tidak bereaksi sesuai jeda yang ditoleransi oleh sistem, maka rem darurat otomatis akan bekerja dengan sendirinya.

Kedua, MID Stargazer juga memperlihatkan ikon jalur jalan berwarna hijau dengan mobil di tengah-tengahnya. Ada pula ikon setir berwarna hijau.

Patut diduga ini merupakan indikator bahwa Stargazer akan mempunyai dua fitur Hyundai Smartsense yakni Lane Following Assist serta Lane Keeping Assist.

Fungsi keduanya ialah memberikan peringatan kalau mobil menyerong dari jalur, kemudian secara otomatis mempertahankannya.

Isu mengenai Stargazer sendiri sudah beredar di pasar otomotif Indonesia beberapa tahun belakangan.

Hyundai selalu menolak mengomentarinya, tapi sejak 2019 sudah mengakui kalau mereka berencana menjual LMPV rakitan pabrik baru di Cikarang, Bekasi, tanpa menyebutkan nama model tersebut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar