Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Podium 2 Ricciardo Melayang

Berita Otomotif

Podium 2 Ricciardo Melayang

JAKARTA - Belum sehari bersuka cita karena sukses mencetak podium kedua di balapan pembuka musim 2014, pembalap F1 asal Australia, Daniel Ricciardo terpaksa harus gigit jari. FIA menemuka kejanggalan pada aliran bahan bakar mobil Red Bull Racing RB10 yang dikemudikannya.

Jo Bauer, delegasi teknis FIA mengatakan bahwa aliran bahan bakar mobil Ricciardo melewati batas 100 kg/h seperti yang tertulis di buku peraturan teknis FIA artikel no. 5.1.4.

Kejanggalan muncul ketika sesi latihan pertama dan kedua, sensor yang telah dihomologasi oleh FIA pada saluran bahan bakar, memberikan bacaan yang tidak konsisten. FIA kemudian meminta mereka mengganti sensornya. 

Namun sepertinya tim asuhan Chris Horner ini tidak mengabaikan himbauan tersebut, dan malah menggunakan sistem pembaca pengaliran bahan bakar yang mereka desain sendiri. Walhasil, telemetry FIA membaca aliran bahan bakarnya terlalu tinggi saat balapan, dan akhirnya FIA terpaksa merebut podium Ricciardo.

"Kami telah memberikan kesempatan untuk RBR menggganti sensor yang bermasalah di hari Sabtu, tapi hal tersebut tidak dilakukan," begitu bunyi pernyataan resmi FIA. "Meski terdapat kesalahan pada sensor, tapi mereka tidak berhak untuk mengganti sensor yang telah dihomologasi tersebut dengan sensor mereka sendiri, tanpa seizin FIA."    



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang