Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pilkada dan Asian Games Jadi Kesempatan Industri Otomotif Berkembang

Berita Otomotif

Pilkada dan Asian Games Jadi Kesempatan Industri Otomotif Berkembang

JAKARTA – Frost & Sullivan mengatakan bahwa Pilkada dan Asian Games bisa menjadi faktor peningkatan penjualan kendaraan.

Selama ini ada anggapan bahwa setiap kali adala Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan membawa dampak negatif pada penjualan kendaraan di Indonesia. Namun Frost & Sullivan memiliki pendapat berbeda.

Pada tahun 2018 ini, Indonesia tidak hanya akan menggelar Pilkada dan Pilgub serentak namun juga Asian Games. Banyak yang mengira bahwa kondisi tersebut akan menyebabkan banyak orang menunda untuk membeli kendaraan. Menariknya, Frost & Sullivan mengatakan bahwa itu adalah kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

Optimisme tersebut datang karena pada kondisi tersebut, terjadi peningkatan konsumsi masyarakat dan diharapkan akan berdampak positif pada perekonomian bangsa. Dengan demikian maka penjualan mobil akan meningkat.

Pilkada dan Asian Games sendiri bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mendongkrak penjualan mobil di Indonesia. Beragam faktor lain seperti stabilnya nilai tukar rupiah, peluncuran produk baru dan sebagainya akan memiliki dampak postif pada pasar otomotif.

Namun, kondisi tersebut bisa rusak bila beberapa faktor penghambat pertumbuhan kendaraan muncul. Beberapa faktor tersebut adalah adanya kerugian fiskal yang menyebabkan pemerintah meningkatkan pajak serta kenaikan harga energi seperti listrik dan BBM.

Pengeluaran untuk hal-hal tersebut memang sangat sensitif di Indonesia. Untuk itu diperlukan komitmen pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat tetap tinggi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang