Pertamina Siapkan Mobile Storage untuk Antisipasi Kelangkaan BBM

Berita Otomotif

Pertamina Siapkan Mobile Storage untuk Antisipasi Kelangkaan BBM

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III menyiapkan Mobile Storage untuk mengantisipasi kepadatan saat arus balik Idul Adha 2020.

Berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan, puncak arus balik Idul Adha 2020 akan terjadi pada 2 Agustus 2020. Sementara itu, data dari PT Jasa Marga (Persero) selaku salah satu operator jalan tol, mencerminkan jumlah kendaraan yang akan menuju Jakarta pada 1-2 Agustus diperkirakan mencapai 372.692 kendaraan.

Dari jumlah tersebut, ruas Tol Cikampek dari arah timur Jakarta akan menjadi yang paling padat karena menyumbang 56% dari total kendaraan arus balik. Sisanya, masuk Jakarta melalui Tol Jagorawi (akses selatan) dan Tol Tangerang (akses barat).

Guna menghindari terjadinya kelangkaan BBM, PT Pertamina (Persero) MOR III pun meyiagakan Mobile Storage di beberapa SPBU untuk menjaga pasokan BBM. Di Ruas Tol Cipali, atau Cirebon mengarah ke Jakarta, Mobile Storage berada di SPBU Rest Area KM101B, KM62B, dan KM57A.

“Kami memastikan pasokan BBM di SPBU-SPBU, terutama yang terdapat di ruas tol, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk mendukung pasokan BBM ini, Pertamina juga mengantisipasi dengan pengadaan mobile storage di SPBU, sehingga proses pemenuhan tangki SPBU bisa berjalan dengan lebih cepat,” terang Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III.

Mobile Storage adalah mobil tangki berisi BBM, yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Keberadaan Mobile Storage ini dapat mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU, sehingga stok BBM bagi konsumen dapat terjaga.

Selain mobile storage, MOR III juga menyiapkan dua armada motor Pertamina Delivery Service (motorist) di sekitar ruas tol KM57A dan 52B. Apabila sangat diperlukan, Motorist dengan pengawalan aparat akan menghampiri ke mobil konsumen.

“Motorist ini merupakan strategi untuk konsumen yang sangat terpaksa memerlukan BBM, namun masih jauh dari SPBU. Maka itu, kami mengimbau masyarakat untuk terlebih dulu mengisi penuh tangki BBMnya sebelum memasuki jalan tol, dan mengisi kembali tanpa perlu menunggu tangki BBMnya kosong,” pungkas Dewi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar