Pertamina Lubricants: Pelumas Kami Tersebar di Belasan Negara

Berita Otomotif

Pertamina Lubricants: Pelumas Kami Tersebar di Belasan Negara

JAKARTA – Sejak 1957, PT Pertamina telah memasuki bisnis pelumas yang ditandai dengan beroperasinya Unit Produksi Pelumas Jakarta. Namun, baru 2013 bisnis pelumas diserahkan kepada anak perusahaan PT Pertamina Lubricants.

Pertamina Lubricants memiliki 3 pabrik lube oil blending (LOB) di Indonesia; Jakarta, Cilacap dan Gresik. Masing-masing fasilitas tersebut mempunyai kapasitas produksi 270 juta liter/tahun, 85 juta liter/tahun, dan 120 juta liter/tahun. Sementara untuk kapasitas pabrik oli di Thailand mencapai 60 juta liter per tahun.

“Saat ini pelumas-pelumas Pertamina Lubricants bisa ditemui di kawasan Afrika dan Timur Tengah, Australia, Eropa dan Asia,” kata Intania Prionggo, public relations officer PT Pertamina Lubricants.

Dia memerinci bahwa selain Indonesia, produk-produk Pertamina Lubricants bisa dibeli di Italia, Australia, Afrika Selatan, Nigeria, Yaman, ASEAN, Bangladesh, Timor Leste, Nepal, Taiwan, Cina, dan Jepang.

“Pelumas-pelumas kami pun telah lulus uji beberapa brand Jepang Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Hino, Honda, Suzuki, dan Isuzu, sehingga kendaraan-kendaraan mereka sejak keluar pabrik menggunakan oli Pertamina Lubricants,” imbuhnya.

Saat ini, di sektor otomotif Pertamina Lubricants menyodorkan pelumas mesin untuk mobil penumpang, kendaraan berat, dan sepedamotor bermesin kecil, selain oli transmisi serta cairan pendingin mesin. [Idr]  

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang