Perbedaan APAR pada Mobil Listrik dengan Mobil Biasa, Salah Pilih Bisa Sulit Padamnya

Mobil Listrik

Perbedaan APAR pada Mobil Listrik dengan Mobil Biasa, Salah Pilih Bisa Sulit Padamnya

Mobil listrik menjadi tren utama dalam industri otomotif sebagai langkah menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan. 

Namun, kehadiran teknologi baru ini juga membawa tantangan baru terkait keamanan, khususnya dalam hal penanggulangan kebakaran. Salah satu perbedaan utama antara APAR (Alat Pemadam Api Ringan) mobil listrik dengan mobil bermesin konvensional terletak pada teknologi pemadaman baterainya salah pilih bisa jadi api tidak mau padam.

Pengertian APAR

APAR, atau Alat Pemadam Api Ringan, adalah alat yang dirancang untuk memadamkan kebakaran dalam tahap awal sebelum dapat menjadi lebih serius. Fungsi utama APAR adalah untuk memberikan respons cepat dan efektif terhadap kejadian kebakaran.

Mengapa APAR Mobil Listrik Berbeda

Perbedaan utama terletak pada sifat baterai mobil listrik. Baterai jenis lithium ion, yang umumnya digunakan dalam mobil listrik, memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari bahan bakar konvensional. Ketika terjadi kebakaran, baterai lithium ion memiliki potensi untuk mengalami fenomena yang disebut sebagai "thermal runway," di mana suhu baterai melonjak drastis. Suhu yang mencapai kisaran 1600~2000 derajat Celsius dapat menjadi tantangan serius dalam upaya pemadaman.

Selain itu, perlu diingat bahwa api dari baterai lithium dapat terus menyala meskipun direndam dalam air karena tidak memerlukan oksigen dan mengeluarkan gas propane serta metana secara alami. 
Oleh karena itu, pendekatan pemadaman konvensional, seperti menggunakan air atau menggunakan pemadam bubuk kimia, tidak selalu efektif dalam mengatasi kebakaran pada mobil listrik.

Lithium Fire Killer (LFK)

Untuk itu PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) menghadirkan solusi inovatif dengan produk unggulannya, yaitu pemadam api Hartindo AF31 atau yang lebih dikenal dengan Lithium Fire Killer (LFK). LFK dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran pada mobil listrik. Beberapa keunggulan LFK meliputi:

Ramah Lingkungan

LFK merupakan solusi non-ODP (Ozone Depleting Potential) yang aman bagi lingkungan.

Bahan Dasar Air dan Non-Racun

Formulasi LFK berbasis air dan tidak mengandung bahan beracun, menjadikannya pilihan yang aman untuk lingkungan dan manusia.

Dapat Terurai Secara Alami

LFK dapat terurai secara alami, mengurangi dampak lingkungan dan memastikan solusi yang berkelanjutan.

Efektivitas Pemadaman Tinggi 

Mampu mengatasi semua jenis api (kelas A, B, C, D, dan F/K), termasuk kebakaran yang disebabkan oleh baterai lithium ion.

Jenis APAR untuk Keamanan Tambahan

Selain LFK, penggunaan APAR dengan jenis yang sesuai juga menjadi langkah penting. Berikut adalah beberapa jenis APAR yang dapat digunakan:

APAR Jenis Air

Terjangkau, namun hanya efektif untuk memadamkan bahan padat seperti kertas dan plastik.

APAR Jenis Bubuk Kimia 

Cocok untuk kebakaran akibat masalah kelistrikan dengan kemampuan pemadaman yang cepat.

APAR Jenis Karbon Dioksida

Mampu memadamkan berbagai jenis kebakaran, termasuk yang disebabkan oleh kelistrikan, cairan, dan kertas.

APAR Jenis Busa 

Cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B, terutama yang melibatkan benda padat selain logam seperti kertas, plastik, dan minyak.

Dengan kombinasi teknologi baterai yang aman pada mobil listrik dan penggunaan APAR yang sesuai, dapat meningkatkan tingkat keamanan dan respons terhadap kebakaran yang mungkin terjadi, memberikan rasa nyaman dan keamanan bagi pemilik mobil listrik serta lingkungan sekitarnya.

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang