Perawatan Paling Sederhana agar Kaca Mobil Tak Berjamur Saat Musim Hujan

Panduan Pembeli

Perawatan Paling Sederhana agar Kaca Mobil Tak Berjamur Saat Musim Hujan

JAKARTA – Ada cara amat mudah dan sederhana yang dapat menghindarkan kaca mobil Anda dari jamur saat musim hujan. Cara ini tak butuh uang sama sekali, hanya ketelatenan.

Mobil, jika hanya terus dipakai tanpa dirawat yang benar, mempunyai potensi berumur lebih pendek dari seharusnya. Maka dari itu, perawatan mobil amat penting kalau sang pemilik ingin terus nyaman dan aman ketika menggunakannya.

Jenis perawatan mobil sendiri beragam, tergantung bagian atau komponen mana yang akan Anda ‘manjakan’. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.

Akan tetapi, tak semua bentuk perawatan mobil membutuhkan uang. Ada pula di antaranya yang simpel dan hanya bermodalkan tenaga serta kemauan.

perawatan sederhana agar kaca mobil tak berjamur saat musim hujan

Salah satu contoh nyatanya adalah perawatan kaca depan ketika musim hujan datang. Ini sebaiknya dicermati, karena air hujan bisa berdampak negatif bagi kaca depan.

“Air hujan itu lebih banyak asamnya,” ucap pereli Rifat Sungkar mewanti-wanti, dalam konferensi pers virtual yang diikuti Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Hal tersebut, lanjut dia, bisa menyebabkan kaca mobil menjadi berjamur di tengah musim hujan. Namun, terdapat cara amat gampang dari Rifat untuk menghindarinya.

“Mobil yang habis kena hujan, dalam keadaan apa pun, selalu saya siram dengan air tanah lewat selang yang ada di rumah,” beber pria yang juga menjadi Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia tersebut.

Salah satu sektor yang tak boleh luput untuk disiram tentu saja adalah kaca, baik pada bagian depan maupun samping. Setelah selesai membasuhnya dengan air tanah, jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering.

perawatan sederhana agar kaca mobil tak berjamur saat musim hujan

“Kalau tidak sempat dilap, setelah disiram, wiper-nya dijalankan (untuk kaca depan). Ini karena unsur di dalam air tanah pun bisa menyebabkan kerak. Tapi, (kadarnya) sama sekali tak berbanding dengan air hujan yang bisa menyebabkan flek-flek dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu cepat,” papar dia.

Sekadar informasi, dalam kurun dua bulan ini musim hujan akan datang ke Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Nusantara akan mengalami musim hujan pada Oktober atau November 2021.

Jadi, jangan lupa persiapkan mobil Anda agar nyaman dan selamat dipakai saat musim hujan, ya. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar