Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualan Mobil di Indonesia Oktober 2022 Sedikit Lesu, Ini Dua Alasannya

Berita Otomotif

Penjualan Mobil di Indonesia Oktober 2022 Sedikit Lesu, Ini Dua Alasannya

JAKARTA – Penjualan mobil di Indonesia sepanjang Oktober 2022 terpantau menurun, jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. Ada dua alasan mengapa ini bisa terjadi.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil retail (distribusi diler ke konsumen) pada Oktober kemarin adalah 89.651 unit. Volumenya turun 6 persen jika dibandingkan dengan September yang mencapai 95.422 unit.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, ketika dihubungi Mobil123.com pada Rabu (16/11/2022) sore, menjelaskan dua alasan mengapa kondisi itu bisa terjadi.

GIIAS 2022 mendorong penjualan mobil di Indonesia

Pertama terkait dengan distribusi mobil pada September yang memang relatif ‘kencang’ ketimbang bulan-bulan sebelumnya.

Ini demi memenuhi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang terkumpul dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022 di Serpong, Tangerang.

“Kita mesti melihat bahwa pada September itu, kan habis euforia ada pameran besar di sekitar Jakarta. Jadi, pasti pengirimannya ‘kencang’,” tukas Nangoi.

Penyebab kedua ialah kembali tersendatnya suplai komponen cip semikonduktor yang dialami beberapa pabrikan otomotif.

Sekadar informasi, krisis cip semikonduktor global sudah terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal 2020, tapi kemudian berangsur membaik pada 2021 serta 2022.

“Pihak pabrikan belum bisa mengirimkan mobilnya (kepada konsumen) karena perakitannya belum bisa selesai akibat hambatan (pasokan) cip semikonduktornya,” lanjut dia.

pabrik mobil Honda di Karawang, Jawa Barat

Meski begitu, Mantan Presiden Direktur PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ini menilai kondisi tersebut bukan sebuah masalah. Soalnya, penurunan penjualannya relatif kecil.

“Ini (penurunan 6 persen), mah, biasa. Kalau turunnya sampai 50-60 persen, baru (problem). Kalau 4,5,6 persen enggak ada artinya,” aku Nangoi.

Secara total, performa pasar mobil nasional selama Januari-Oktober 2022 masih menunjukkan hasil positif. Penjualan retailnya menyentuh 822.013 unit, meningkat 21,4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy) yang ‘hanya’ 677.336 unit.

Adapun target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini yang dicanangkan oleh Gaikindo adalah 900 ribu unit. Artinya, ‘cuma’ butuh penjualan 77.987 unit lagi pada November plus Desember untuk memenuhinya.

Jika melihat rata-rata penjualan mobil bulanan selama 10 bulan terakhir yang ada di kisaran 82.201 unit, angka itu amat berpotensi tercapai jika benar tak ada masalah berarti. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang