Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penguasaan Pasar Daihatsu di Indonesia Makin Besar, Target pun Berubah

Berita Otomotif

Penguasaan Pasar Daihatsu di Indonesia Makin Besar, Target pun Berubah

JAKARTA – ‘Cengkeraman’ Daihatsu di pasar Indonesia makin kuat pada 2022. Mereka pun ingin mempertahankannya tahun ini.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan tahun ini pangsa pasar mereka di Tanah Air akhirnya melebihi 17 persen.

“Kalau dulu kami bicaranya selalu ‘kepala’ 17 untuk market share (pangsa pasar). Nah, mulai 2022 ini kami masuk ke era baru dengan ‘kepala’ 18. Tepatnya 18,6 persen,” ujar dia menyebut pangsa pasar penjualan retail Daihatsu dalam Media Gathering pada Selasa (17/1/2023) di Senayan, Jakarta.

Daihatsu Sigra

Ini adalah rekor penguasaan pasar tertinggi dari jenama asal Jepang tersebut untuk periode full year (setahun penuh).

“Kalau volume penjualan, kami pernah menyentuh 200 ribu unit. Kalau market share, ini yang tertinggi sekarang,” aku Hendrayadi.

Hasil ini terjadi berkat pertumbuhan penjualan mereka yang berhasil melebihi kenaikan pasar mobil nasional.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan retail Daihatsu selama Januari-Desember 2022 mencapai 188.660 unit. Terjadi kenaikan sebesar 24,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Adapun pasar tumbuh 17,4 persen, dari 863.348 unit menjadi 1.013.582 unit. Pertama kalinya sejak 2019, transaksi jual-beli mobil kembali ke level 1 juta unit.

Daihatsu Xenia

“Hasil tersebut berkat dukungan pemerintah juga, dengan diperpanjangnya insentif PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk LCGC (low cost green car) sampai September 2022 yang sangat membantu sekali,” lontar Hendrayadi.

“Kontribusi penjualan LCGC di Daihatsu sangat signifikan sehingga bisa mencapai penjualan begitu tinggi,” lanjutnya.

Daihatsu pun kembali menjadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut. Merek mobil dengan torehan penjualan terdekat dengan Daihatsu tahun lalu, menurut data, adalah Honda dengan volume 125.411 unit serta pangsa pasar 12,4 persen.

“Gap (pangsa pasar) kami dengan (merek mobil terlaris) nomor tiga 5,1 persen,” tegas Hendrayadi tanpa menyebut nama pesaing tersebut.

Target Daihatsu pada 2023 pun akhirnya bukan lagi mencapai pangsa pasar 17 persen. Mereka minimal ingin mempertahankan penguasaan pasar 18 persen yang telah berhasil diraih.

“Mudah-mudahan pada 2023 dan seterusnya, kami bisa mempertahankan pangsa pasar 18 persen. Bahkan, kalau bisa, meningkat terus,” tutup Hendrayadi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang