Penelitian: Lulusan SMA Lebih Rentan Tewas di Jalan

Berita Otomotif

Penelitian: Lulusan SMA Lebih Rentan Tewas di Jalan

WASHINGTON - Entah ini bisa dibilang kabar mengejutkan atau tidak. Ternyata kemungkinan tewas saat kecelakaan mobil lebih banyak terjadi pada orang-orang menengah bawah dibanding kaum menengah atas.

Hasil itu didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Sam Harper, Thomas J. Charters dan Erin C. Strumpf di Amerika Serikat. 

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan fakta bahwa sejak tahun 1990 penurunan terbesar dalam hal angka kematian dalam kecelakaan terjadi di orang-orang berpendidikan.

Sebaliknya, pengendara berusia 25 tahun ke atas yang hanya mengantungi ijazah setingkat SMA malah meningkat dari waktu ke waktu. 

Pada 1995 tingkat kematian orang dengan tingkat pendidikan rendah jumlahnya 2,5 kali lebih tinggi dari para sarjana. Pada tahun 2010, angka itu meningkat menjadi 4,3 kali.

Masalah mendasar di sini bukanlah gelar sarjana si pengendara melainkan taraf hidup para sarjana yang terhitung lebih baik. Akibatnya, mobil yang mereka beli juga lebih memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang lebih tinggi karena mereka memiliki sedikit kelebihan uang dibanding para lulusan SMA.

Selain itu, korban tabrakan juga banyak terjadi di pejalanan kaki dengan tingkat ekonomi yang lebih rendah.

"Memang benar bahwa ada perbedaan besar dalam kualitas lingkungan perumahan pada orang yang memiliki risiko kematian sebagai pejalan kaki," kata Harper di Washington Post.

Selain hanya bisa membeli mobil dengan tingkat keamanan dan keselamatan rendah, dalam penelitian tersebut, pengendara lulusan SMA juga terhitung memiliki persentase yang lebih rendah dalam penggunaan sabuk pengaman. Begitu juga dengan kebiasaan mengemudi setelah minum minuman beralkohol.

Penelitian yang berdasarkan data dari National Center for Health Statistics itu tidak hanya melihat tingkat kecelakaan di mobil, tapi juga bus dan kendaraan bermotor lainnya. [Syu/Idr] 

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual