Pemilik BMW Bisa Ikut Ngoprek Tunggangannya di Bengkel Resmi

Berita Otomotif

Pemilik BMW Bisa Ikut Ngoprek Tunggangannya di Bengkel Resmi

JAKARTA - Dealer BMW, khususnya yang berada di bawah naungan Group Astra, kini memungkinkan para konsumen yang menggilai otomotif untuk mengulik mobil bareng mekanik ketika servis.

Fredy Handjaja, Chief Executive BMW Astra, mengakui saat ini jumlah konsumen mereka yang benar-benar gemar mengulik-ngulik mobil masih tidak terlalu banyak, apalagi para pembeli unit baru. Namun, jumlah mereka penasaran dengan sisi teknis ataupun melek teknologi semakin banyak.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mereka meluncurkan program bernama ‘Joy Experience’. Dengan program ini, para konsumen dapat ikut serta dalam proses servis di bengkel.

“Kalau zaman dulu mungkin banyak orang yang tak mau tahu. Tapi sekarang makin banyak yang mau tahu, mau belajar. Apalagi di zaman digital dan media sosial seperti sekarang. Contoh kecilnya, cara melipat jas saja banyak yang membagikan di situ. Seputar otomotif juga banyak. Keinginan mereka (para konsumen) melakukan hal itu pun semakin tinggi,” paparnya dalam konferensi pers pada Selasa (16/7/2019) di Serpong, Tangerang.

Alasan kedua adalah untuk meningkatkan kepercayaan serta keterikatan para ‘Bimmers’ (pemilik mobil BMW) terhadap bengkel BMW Astra. Apalagi, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bengkel secara umum memang dirasa masih perlu ditingkatkan.

“Kadang-kadang ada kecurigaan. Takut bahwa mungkin ada barang yang tidak perlu diganti, tapi diganti. Hal-hal seperti itu... Program ini untuk meyakinkan mereka bahwa kami tidak akan melakukan yang aneh-aneh. Itu juga akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen kepada bengkel kami,” tandas Fredy.

Diskon Jasa
Budi Kurniawan, Aftersales Manager BMW Astra, menjelaskan bahwa program ‘Joy Experience’ bisa dilakukan di seluruh bengkel resmi mereka. BMW Astra sendiri punya delapan bengkel di seluruh Indonesia.

“Empat bengkel ada di Jakarta yaitu di Sunter, Pluit, Cilandak, Serpong. Empat lainnya di Semarang, Surabaya, Bali, Makassar,” ujarnya.

Ketika melakukan servis bersama, para konsumen akan diberikan jaket khusus BMW. Ada juga perangkat-perangkat untuk menjaga kebersihan dan keselamatan.

Konsumen dipersilakan mengikuti perawatan dan perbaikan kendaraan selama yang mereka mau. Bahkan, mereka bisa ikut serta membantu mekanik besertifikat.

“Mereka bisa ikut membantu di semua proses,” tegasnya.

Jika memang ada yang rumit dan masih sulit konsumen lakukan, mereka bisa berhenti sewaktu-waktu dan membiarkan mekanik yang melakukannya. Menurut Budi, memang ada konsumen-konsumen yang ingin merasakan sensasi memperbaiki mobil seperti ini.

BMW Astra juga memberikan diskon jasa bagi mereka yang mengikuti program ‘Joy Ride’. Potongannya bisa mencapai 50 persen, tergantung model dan tipe kendaraan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar