Wuling Almaz 7-Seater dengan Voice Command Mirip BMW Hadir di GIIAS 2019

Berita Otomotif

Wuling Almaz 7-Seater dengan Voice Command Mirip BMW Hadir di GIIAS 2019

JAKARTA - Wuling Almaz berkapasitas tujuh penumpang dengan fitur voice command canggih seperti milik BMW bakal meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Bedanya, voice command milik Almaz sudah bisa mengerti bahasa Indonesia.

Sebelum peluncurannya dalam pameran otomotif yang berlangsung pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang itu, Almaz tujuh penumpang terlebih dahulu diperkenalkan pada Kamis (11/7/201) di Jakarta. Model ini menjadi kejutan dalam seremoni perayaan ulang tahun ke-2 Wuling di Indonesia.

Fitur voice command canggih Wuling sendiri bernama Wuling Indonesian Command (WIND). Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengemudi dan orang-orang di dalam kabin mengoperasikan beragam fitur maupun berinteraksi dengan kendaraan dengan menggunakan suara, khususnya bahasa Indonesia.

Sayang, harga masih dirahasiakan. Detailnya akan diberikan di GIIAS 2019.

“Dengan varian terbaru ini, Almaz semakin menegaskan identitasnya sebagai Smart and Technology SUV dan menjadi produk pertama Wuling yang dilengkapi fitur voice command berbahasa Indonesia yaitu WIND. Mengenai waktu peluncurannya, kami akan memperkenalkannya secara resmi di GIIAS 2019,” kata Cindy Cai, Vice President PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia.

Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Indonesia, menjelaskan bahwa dengan WIND pengemudi maupun penumpang dapat mengoperasikan telepon; mengontrol AC, kaca jendela, sunroof, Tire Pressure Monitoring System (TPMS); berinteraksi dengan mobil dan menanyakan hari, tanggal, waktu, menaikturunkan atau meniadakan volume audio; hingga mengendalikan fungsi fitur hiburan khususnya musik dari berbagai saluran.

Semua dilakukan bukan dengan bahasa asing. WIND sudah ‘belajar’ bahasa Indonesia.

“Jangan khawatir, orang medok seperti saya pun bisa... Ada tiga cara mengaktifkan voice command bahasa Indonesia ini yaitu dengan mengatakan terlebih dahulu ‘Halo Wuling’, menekan tombol voice command di setir, atau dengan cara ketiga yaitu menekan pilihan voice command di layar sentuh,” papar Danang.

Cara mengoperasikan WIND yang pertama dan kemampuannya mengingatkan pada voice command canggih BMW yaitu ‘Halo BMW’. Fitur ini dioperasikan pula dengan terlebih dahulu mengatakan ‘Halo BMW’, tapi perintah tetap menggunakan bahasa Inggris.

Berbagai hal lain di Almaz 7 penumpang sama dengan varian lima penumpangnya. Sistem penggerak masih mengandalkan mesin bensin 1.5-liter turbo 4 silinder berdaya 140 hp dan torsi 250 Nm plus transmisi CVT 8-percepatan.

Ada pula fitur-fitur seperti layar sentuh 10,4 inci, Panoramic Sunroof, Start-Stop Button, Keyless Smart Key, Sound System Infinity dari Harman, Electric Parking Brake, Auto Vehicle Holding, Traction Control System, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control, TPMS dan Emergency Stop Signal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support