Pemerintah: Kepemilikan Mobil Jadi Indikator Kemajuan Ekonomi

Berita Otomotif

Pemerintah: Kepemilikan Mobil Jadi Indikator Kemajuan Ekonomi

JAKARTA - Ada banyak alasan membeli sebuah mobil mulai dari kebutuhan, gaya hidup atau status. Bagi pemerintah, banyaknya kepemilikan mobil oleh masyarakat ternyata juga dianggap sebagai indikator kemajuan ekonomi suatu negara.

Menurut Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, kendaraan baik itu mobil dan motor bisa dilihat dari berbagai sudut mulai dari faktor fungsinya sebagai alat angkut baik komersial maupun pribadi hingga kenyataan bahwa industri ini mampu menggerakkan industri-industri lain.

Pada suatu kendaraan, ada banyak komponen, yang pada akhirnya membutuhkan industri-industri pendukung untuk memenuhi kebutuhan industri. Nah, industri komponen beserta vendornya tersebut tentu membuka banyak lapangan kerja baru dan bisnis di segmen komponen.

Selain itu, layanan purnajual dan dealer juga menyerap banyak tenaga kerja.

"Banyak hal yang tumbuh dari industri otomotif. Industri ini menghasilkan banyak. Saya kira penghasilan Banten atau DKI Jakarta yang besar datangnya dari kendaraan," katanya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Mobil, lanjutnya, sudah menjadi kebutuhan yang mendasar. Dia lalu mencontohkan Amerika di mana indikator ekonominya bisa diukur dari kepemilikan rumah dan mobil.

"Di Indonesia kendaraan mungkin bukan nomor satu, tapi pasti menuju ke situ," lugasnya.

Karena itu dia berterima kasih pada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sanggup mempertahankan kinerja ekspor meski penjualan domestik turun. Sebab, mengekspor mobil ke luar negeri adalah sebuah devisa. Di tambah dengan penggunaan banyak komponen lokal, devisa negara juga bertambah. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support