Panasonic Kembangkan Atap Solar Cell untuk Toyota

Berita Otomotif

Panasonic Kembangkan Atap Solar Cell untuk Toyota

TOYOTA CITY – Panasonic mengembangkan atap mobil solar cell untuk produk Toyota Prius plug-in hybrid.

Dikatakan bahwa pengembangan panel solar cell pada atap mobil ini telah dilakukan sejak lama. Panel ini mampu menyuguhkan daya listrik hingga 180 watt dan diklaim cukup untuk menghidupkan beberapa akesori kendaraan.

Tidak disebutkan aksesori apa saja yang mampu disuplai oleh panel solar tersebut. Namun mereka juga memastikan bahwa teknologi ini juga bisa mengisi ulang baterai lithium-ion pada motor listrik hybrid.

Artikel bersambung dibawah

Toyota mengklaim jika parkir dalam kondisi terjemur, panel solar ini bisa menyokong kebutuhan listrik sejauh 6 kilometer. Panel tersebut tentunya didesain sesuai dengan bentuk atap Prius sehingga tidak merubah bentuk awalnya.

Atap panel solar cell ini disebut-sebut mirip dengan milik Tesla. Panasonic sendiri dikatakan memiliki kedekatan dengan manufaktur mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut. Kedua belah pihak dikabarkan akan memulai kolaborasi setelah Tesla mengakuisisi SolarCity.

Mobil listrik merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan lingkungan yang lebih baik. Mobil yang ramah lingkungan semakin mendapat porsi besar dan menjadi potensi besar bagi para manufaktur kendaraan.

Di Indonesia kendaraan ramah lingkungan masih belum diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan sumber daya yang belum memadai di Tanah Air. Tidak adanya keringanan pajak dari pemerintah juga membuat harga jual mobil hybrid sangat mahal dan tidak terjangkau konsumen.

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual