Nissan Gelontorkan Rp 28,6 Triliun untuk Mitsubishi

Berita Otomotif

Nissan Gelontorkan Rp 28,6 Triliun untuk Mitsubishi

TOKYO -  Nissan Motor Co., berencana menggelontorkan $ 2,2 milliar untuk mengendalikan sepertiga saham Mitsubishi Motor Corp. Dengan dana sebesar itu, Nissan juga berniat menempatkan mantan salah satu petingginya.

Menurut sumber yang dapat dipercaya, Nissan dan Mitsubishi tengah bernegosiasi untuk menunjuk Mitsuhiko Yamashita sebagai kepala teknisi Mitsubishi.

Yamashita seperti di ketahui sebelumnya adalah Wakil Presiden Eksekutif Nissan Global. Dirinya bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan produk Nissan Global hingga 2014. Yamashita mengemban jabatan tersebut sejak 2005.

Artikel bersambung dibawah

Sumber yang mengabarkan kabar ini tidak ingin di sebutkan identitasnya. Hal ini dikarenakan dirinya merasa tidak berwenang untuk membicakan pada media. Sementara itu, seorang juru bicara dari pihak Mitsubishi menolak untuk berkomentar.

Penunjukkan Yamashita sebagai kepala teknik Mitsubishi dikabarkan akan rampung pada Rabu mendatang. Keputusan tersebut menunggu hasil pertemuan darurat para anggota dewan di Mitsubishi.

Dengan kepemilikan saham sebesar 34 persen di Mitsubishi, Nissan berhak mencalokan sepertiga dewan perusahaan.

CEO Nissan Carlos Ghosn mengatakan, Ia percaya Mitsubishi akan dipimpin oleh seorang eksekutif Nissan. Hal ini akan diungkapkan berdasakan analis industri dan bankir, yang meramalkan perombakan jajaran pimpinan Mitsubishi.

Mitsubishi baru saja pulih dari skandal manipulasi data penggunaan bahan bakar. Skandal tersebut membuat pabrkan mobil asal Jepang tersebut pasrah kehilangan nilai perusahaan sebesar US$ 3 juta. Setidaknya empat model Mitsubishi yang terlibat skandal termasuk dua model di bawah bendera Nissan. [Dew/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual