New Volkswagen Polo GTI R5, Mobil Balap untuk Tim Privateer

Berita Otomotif

New Volkswagen Polo GTI R5, Mobil Balap untuk Tim Privateer

PALMA – New Volkswagen (VW) Polo GTI R5 dihadirkan untuk konsumen dari tim non pabrikan yang ingin turun di kelas R5.

Dengan menggunakan basis VW Polo supermini generasi keenam, pabrikan mobil asal Jerman tersebut membuka selubung new VW Polo GTI R5. Bertempat di Palma de Mallorca, mobil ini didedikasikan untuk para speedfreaks di seluruh dunia.

Paling menarik dari new VW Polo GTI R5 adalah bagian mesinnya. Sementara untuk Polo GTI versi standar (jalan raya) menggunakan jantung mekanis 2.0-liter turbocharger, sedangkan Polo GTI R5 mengandalkan mesin 1.6-liter, namun tetap disokong turbo dan direct fuel direct injection.

Meskipun kubikasi mesin lebih kecil, namun kemampuan new VW Polo GTI R5 tidak bisa diremehkan. Karena terpaku dengan aturan World Rally Championship (WRC), mobil jenis hatchback tersebut mampu menelurkan daya maksimal 272 hp. Dibandingkan versi standar yang hanya 200 hp.

Karena new VW Polo GTI R5 diperuntukkan bagi tim privateer, beberapa komponen mesin tetap dibatasi. Agar tenaga mesin yang dihasilkan tidak terlalu liar, mereka membatasi asupan udara yang masuk ke dalam mesin dengan air restrictor.

Dari segi tampilan, new VW Polo GTI R5 tampak sangat agresif berkat penggunaan beberapa racing kit meliputi, suspensi, roda, hingga fender. Penyematan beberapa komponen tersebut membuat mobil semakin mendekat dengan tanah alias ceper.

Pada bagian belakang mobil ini terpasang sayap model baru dan pipa knalpot yang membuatnya tampak semakin sporti.

Sesuai dengan aturan FIA, mobil di kategori R5 harus memiliki banderol di kisaran Rp 2,9 miliar. Sementara mengacu aturan baru pada 2018, kendaraan jenis ini dibanderol Rp 3,1 miliar.

“Batasan harga tentunya sangat menantang bagi setiap pabrikan yang memasarkan mobil jenis ini. Kami harus berkompromi untuk mendapatkan solusi optimal agar bisa terjangkau,” ucap Francois Xavier Demaison, Technical Director VW. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual