Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Bisnis Waralaba Bengkel Mobil atau Motor, Syarat-syarat serta Keuntungannya

Berita Otomotif

Bisnis Waralaba Bengkel Mobil atau Motor, Syarat-syarat serta Keuntungannya

JAKARTA - Bisnis waralaba merupakan cara yang lebih mudah untuk memulai usaha bengkel motor maupun mobil. Pilihan usaha waralaba bengkel motor terdekat yang tersedia ada banyak.

Jika berbicara tentang waralaba atau franchise, yang ada di pikiran banyak orang adalah bisnis kuliner, mau itu minuman, kopi, ayam goreng, dan lain-lain. Namun, sekarang ini bisnis waralaba bukan hanya di dunia kuliner saja, tetapi juga di bidang lain seperti otomotif.

Banyak bengkel yang membuka program kemitraan dalam bisnis bengkel motor atau mobil, jasa servis, hingga penjualan suku cadang/spareparts. Biasanya mereka memiliki program kemitraan yang menawarkan fasilitas dan keuntungan yang beragam.

Di bawah ini adalah beberapa brand bengkel motor terdekat yang memiliki program waralaba.

Daftar Bengkel Motor Waralaba Terdekat

SiTepat

Brand waralaba bengkel motor terdekat yang pertama adalah SiTepat. SiTepat merupakan outlet motor milik PT Bisnis Solusi Pranata yang berdiri sejak 2008. Hingga saat ini, sudah ada 16 gerai SiTepat yang tersebar di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Sistem operasional bengkel SiTepat dikatakan lebih mudah, didukung oleh program penjualan dan pemasaran yang menarik. Selain itu, bisnis bengkel bisa dikontrol dari mana dan kapan saja.

Produk-produk suku cadang yang dijual selalu tersedia, kualitasnya juga terjamin. Untuk tenaga kerjanya juga dikatakan tersedia dan terjamin keterampilannya.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh waralaba SiTepat adalah sebagai berikut:

  • Terpercaya karena SDM yang handal
  • Infrastruktur dan alat-alat bengkel Modern
  • Sistem IT yang canggih untuk membantu sistem managemen bengkel
  • Layanan dan standart seragam di semua gerai
  • Layanan dengan sentuhan personal pada pelanggan

Mr. Montir

Mr. Montir merupakan brand bengkel motor terdekat yang melayani perawatan motor, terutama jenis 250 cc ke bawah. Didirikan pada 2011 oleh PT Techno Motor Indonesia.

Di Mr, Montir, perawatan sepeda motor dilakukan oleh mekanik profesional menggunakan peralatan lengkap. Suku cadang yang digunakan pun juga berupa genuine sparepart. Ditambah lagi, Mr. Montir juga memberikan garansi servis.

bengkel motor terdekat mr montir

Untuk menjadi mitra waralaba bengkel motor Mr. Montir, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, serta beberapa tahap yang harus dilalui.

Persyaratan lokasi bengkel memiliki lebar minimal 5 m, dengan luas bersih minimal 60 m persegi dan memiliki tempat parkir yang cukup. Dana awal yang dibutuhkan untuk proses awal sekitar Rp350 juta. Dana tersebut belum termasuk perombakan lokasi.

Tahap-tahap yang harus dilalui berawal dari pengiriman data alamat lokasi, layout dan dimensi bangunan, dan foto ruko kepada pihak Mr. Montir. Setelah itu, Pihak Mr. Montir melakukan survey ke lapangan, dan jika dinilai baik akan berlanjut ke proses kesepakatan dan transaksi.

Sesudahnya, dana kebutuhan awal akan ditransfer ke mitra untuk melakukan pembangunan atau renovasi, persiapan kebutuhan operasional, dan pelatihan tenaga kerja. Proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 45 hari, sebelum akhirnya bengkel motor waralaba Mr. Montir dibuka (soft opening dan grand opening).

Hasil akhirnya adalah bengkel akan memiliki empat sampai tujuh pit service dan SDM sebanyak enam sampai 14 orang. Target penjualan yang ditetapkan sekitar Rp5 – 9 juta per hari, dengan Return of Investment (ROI) atau balik modal setelah usaha berjalan 18 – 24 bulan.

Planet Ban

Planet Ban adalah brand toko penjualan ban motor yang sudah berdiri dari 2011. Sejak saat itu, Platnet Ban sudah menjadi toko ban populer dengan lebih dari 600 outlet tersebar di seluruh Tanah Air.

Beberapa produk ban ternama yang dijual oleh Planet Ban di antaranya Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Battlax, Corsa, Maxxis, Swallow, Zeneos, FDR, dan IRC. Selain ban, di toko ini juga menjual produk-produk lain seperti oli, aki, cairan ban, dan kampas rem.

Kerja sama waralaba dengan planet ban memberikan beberapa keuntungan. Pertama, mitra tidak perlu stand by di toko sepanjang harinya untuk kegiatan transaksi. Planet Ban pusat akan menyediakan tenaga kerja mekanik dan kepala toko yang akan mengurus transaksi, sehingga mitra hanya perlu mengawasi aktivitas yang berlangsung di toko.

Selain itu, Planet Ban juga memberikan support produk-produk jualan yang menjadi modal awal toko mitra,dan produk-produk tersebut tidak memiliki bunga. Di tambah lagi, produk-produk tersebut memiliki masa kedaluarsa yang lebih lama, sehingga lebih menjamin seluruh stok barang dagangan terjual.

Untuk membuka bisnis waralaba bengkel motor Planet Ban, mitra perlu memiliki modal bangunan atau ruko sebagai lokasi toko, asset-aset toko semisal rak, meja, komputer untuk kasir, tyre changer, dan mesin nitrogen.

AHASS Honda

Astra Honda Motor juga membuka waralaba bengkel motor AHASS dengan harga Rp120 juta. Satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah mitra harus memiliki lokasi yang strategis dengan ukuran 5 x 13 m.

Sementara itu, benefit yang didapat mitra dari AHM adalah tenaga kerja berupa dua montir dan satu petugas front desk yang mengatur administrasi serta transaksi.

Kemudian bengkel AHASS juga dilengkapi fasilitas macam bike lift, oil drain, mesin gerinda, kompresor, dan lain-lain.

Peralatan administrasi dan produk suku cadang yang dijual juga disediakan. Jika saja produk jualan habis, mitra dapat meminta untuk melakukan resuplai suku cadang.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi mitra bengkel motor terdekat AHASS sebagai berikut:

  • Luas lahan atau bangunan minimal 5 x 13 meter persegi
  • Formulir pendaftaran lengkap dengan informasi lengkap pembeli waralaba.
  • Foto layout bangunan yang kanan dijadikan toko AHASS Honda
  • Membayar biaya sebesar Rp120 juta

Waralaba Bengkel Mobil

Selain bengkel motor, ada juga perusahaan bengkel mobil yang membuka bisnis waralaba. Berikut beberapa nama brandnya.

Shop&Drive

Shop&Drive merupakan outlet ritel otomotif milik PT Astra Otoparts, menjual suku cadang yang bersifat umum dan banyak digunakan, utamanya untuk merek mobil pribadi. Produk utama yang dijual di toko Shop&Drive adalah oli, aki, dan shockbreaker.

Berdasarkan situs resminya, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi mitra waralaba Shop&Drive yaitu memiliki lokasi strategis, dana yang mencukupi, mitra atas nama badan usaha (CV/PT/Koperasi/Yayasan) dan mematuhi semua aturan yang ditentukan pemberi waralaba.

Ukuran ideal bangunan untuk dibuka toko Shop&Drive adalah 8 x 13 m, dengan panjang halaman parkir di depannya sebesar 5 m. Ukuran yang lebih kecil masih memungkinkan, dengan syarat minimal lebar 4,5 m.

Dana yang dibutuhkan untuk mendirikan toko waralaba Shop&Drive adalah sekitar Rp414 juta (belum termasuk PPN). Dana tersebut di luar biaya untuk memperoleh dan renovasi bangunan toko.

Dokter Mobil

Dokter Mobil memiliki konsep bengkel modern dengan menyediakan layanan servis mobil yang berfokus pada Tune Up dan servis AC. Saat ini, Dokter Mobil sudah memiliki 23 cabang bengkel di seluruh Indonesia.

Sistem operasional Dokter Mobil telah diuji coba dan sudah terstandarisasi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Bisnis bengkel Dokter Mobil dikatakan mudah untuk dijalani, tim support dari manajemen pusat yang solid, serta support training untuk mitra waralaba dan tenaga kerja.

Proses untuk menjadi mitra Dokter Mobil ada enam langkah. Berawal dari pengisian formulir aplikasi, beerlanjut ke survei lokasi, diskusi bisnis, tanda tangan MoU dan DP, rencana bisnis, dan berakhir di langkah tanda tangan kontrak & pelunasan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi mitra bengkel Dokter Mobil sebagai berikut:

  • Memiliki tempat yang lolos survei (200 meter di pinggir jalan aktif)
  • Bersedia menjadi Owner Operator
  • Bersedia mengikuti semua prosedur dan ketetapan yang berlaku
  • Memiliki NPWP pribadi

Estimasi dana investasi yang dibutuhkan untuk menjalankan waralaba bengkel Dokter Mobil berkisar antara Rp950 juta hingga Rp1,5 miliar dengan durasi kontrak selama 5 tahun.

Dalam kerjasama dengan Dokter Mobil, mitra akan dibantu mempersiapkan bengkel supaya siap dikelola dan beroperasi dengan baik layaknya bengkel-bengkel cabang Dokter Mobil lainnya.

Selain itu, mitra waralaba juga akan diberikan fasilitas pelatihan untuk mengelola bengkel serta karyawannya, sistem akuntansi berbasis POS, konsultasi, serta pemasaran.

Secara rinci, mitra waralaba Dokter Mobil akan mendapatkan:

  • Mesin
  • Peralatan
  • Training Karyawan
  • Training Owner
  • Stock
  • Produk
  • Franchise fee selama 5 tahun
  • Sign Board
  • Media Promosi Awal
  • Design Interior
  • Izin penggunaan logo dan nama Dokter Mobil selama 5 tahun
  • Support Program
  • System POS awal
  • Furniture

Menariknya, Dokter Mobil mengatakan bengkel-bengkelnya sudah mempersiapkan layanan untuk mobil listrik.

BOS (Ban, Oli, Service)

Bengkel BOS, sebelumnya bernama Speed Tyre Shop, adalah bengkel yang berfokus melayani penjualan barang dan jasa berkaitan dengan komponen ban, oli, dan servis segala jenis mobil.

BOS juga memiliki layanan distribusi produk untuk kendaraan perusahaan fleet seperti taksi.

Saat ini sudah ada lebih dari 180 bengkel BOS di seluruh Tanah Air, 30 di antaranya merupakan bengkel cabang resmi, sementara 150 lebih lainnya adalah mitra bengkel BOS.

Mitra Bengkel BOS adalah program waralaba kepunyaan BOS yang berfokus pada kolaborasi dan kerjasama dengan bengkel-bengkel konvensional di Indonesia.

Satu keuntungan yang didapat dengan menjadi bengkel mobil waralaba BOS adalah meningkatkan pesanan bengkel mitra dari sumber-sumber yang disediakan BOS, misalkan E-Commerce, Fleet Partners dari kemitraan B2B, dan juga masyarakat.

Keuntungan lain yang bisa dinikmati mitra bengkel BOS yaitu meningkatkan penjualan melalui eksposur pemasaran secara gratis, utamanya melalui digital (situs web, media sosial, dan E-Commerce). Pemasaran tersebut akan membantu meningkatkan konsumen bengkel mitra.

Terakhir, keuntungan yang akan didapat adalah program Join Purchase, di mana mitra bisa membeli produk di BOS dengan harga yang lebih terjangkau, serta mendapatkan banyak hadiah.

Benefit dalam Waralaba Bengkel Motor Terdekat

Ketika melakukan kerjasama waralaba dengan bengkel motor terdekat, mitra atau pembeli waralaba akan mendapatkan beberapa hal yang menjadi standar dalam pembukaan bisnis bengkel, mau itu berbentuk materi atau jasa.

  • Produk Suku Cadang

Fasilitas yang akan didapatkan mitra waralaba adalah suku cadang yang menjadi produk jualan di bengkel motor. Penjualan suku cadang adalah salah satu usaha dalam program franchise kemitraan bengkel motor selain jasa perawatan sepeda motor. Dengan begitu, kegiatan servis motor dan penjualan sparepart dilakukan di satu tempat.

  • Peralatan Servis Sepeda Motor

Berikutnya, mitra waralaba bengkel motor terdekat akan disediakan peralatan servis sepeda motor dari pihak pusat. Tentu saja, bukan bengkel namanya jika tidak memiliki peralatan servis.

Alat-alat yang disediakan di antaranya kunci beragam ukuran, obeng, palu, tang, pahat, gergaji, serta ragum. Selain itu, ada juga peralatan servis yang bersifat opsional, misalkan bor, gerinda, dan kompresor.

bengkel motor terdekat

  • Pelatihan/Training

Tidak kalah penting juga, pihak pusat akan memberikan pelatihan atau training kepada mitra. Pelatihan yang dimaksud bukan hanya mengenai perawatan motor di bengkel saja, namun juga tentang pemasaran sparepart motor. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membuat mitra waralaba menjadi lebih mandiri.

  • Fasilitas Umum Kemitraan

Fasilitas seperti lisensi, seragam karyawan, banner, meja dan kursi tunggu, meja kasir, etalase, sampai dengan desain interior bengkel disediakan kepada mitra dari pihak pusat. Mengenai desain, beberapa pihak pusat tidak memungut biaya royalty.

  • Bimbingan/Monitoring

Selain memberikan berbagai macam fasilitas, pihak pusat waralaba juga akan melakukan bimbingan dan monitoring kepada mitra waralaba bengkel motor. Bimbingan yang diberikan berkaitan dengan management waktu serta pengaturan keuangan dalam membuka usaha.

Kelebihan dan Kekurangan Waralaba Bengkel Motor

Memulai bisnis waralaba bengkel motor terdekat memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan yang paling utama adalah nama brand yang sudah stabil dan pasarnya sudah jelas, sehingga tidak perlu dibangun dari nol.

Mitra waralaba bengkel motor cukup melakukan aktivitas bisnis dengan sistem yang sudah jelas, dan mengikuti prosedur yang ditentukan. Ditambah lagi dengan adanya bimbingan dan arahan dari pihak pusat/pemilik waralaba, membuat pengoperasian bisnis bisa dijalankan dengan baik.

Meski begitu, menjalani bisnis waralaba bengkel motor tetap ada kekurangannya. Karena mitra menjalankan bisnis menggunakan brand, sebagian profit harus dibayarkan ke pihak pusat dalam bentuk persenan, alias royalty fee. Ketentuan dari pihak pusat membatasi gerakan mitra dalam melakukan bisnis bengkel motor, sehingga pertumbuhan bengkel pun menjadi stagnan.

Kelebihan

Kekurangan

  • Sistem sudah ada dan jelas
  • Ketentuan menjadi panduan
  • Bisnis tidak dimulai dari nol
  • Pasarnya sudah ada dan jelas
  • Dukungan dari pihak pusat
  • Biaya yang harus dibayar ke pihak pusat alias royalty fee
  • ketentuan yang harus diikuti banyak
  • perkembangan bisnis cenderung stagnan

 

Tips Membuka Bisnis Bengkel Motor Waralaba

Jika Anda mempunyai minat untuk membuka bengkel motor melalui waralaba, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dalam memilih brand yang ingin diajak kerjasama.

Berikut beberapa tips memulai bisnis bengkel motor waralaba.

Riset Perusahaan

Sebelum menjalankan bisnis ini, ada baiknya untuk melakukan riset terhadap perusahaan bengkel motor yang menyediakan waralaba. Cari brand bengkel yang memang sudah memiliki nama di publik.

Waralaba brand bengkel yang lebih populer biasanya memiliki keuntungan yang lebih banyak. Dengan mengemban nama brand yang terkenal tersebut, bengkel bisa dijamin lebih sukses dalam waktu yang singkat.

Siapkan Modal

Setiap memulai sebuah usaha pastinya membutuhkan modal, demikian juga dengan usaha bengkel motor waralaba.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis waralaba biasanya lebih tinggi dari bisnis lain, tetapi timbal baliknya adalah mitra waralaba akan mendapatkan fasilitas dan layanan yang lebih baik.

Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha merupakan keputusan yang sangat vital dalam memulai bisnis, apalagi untuk usaha bengkel motor waralaba.

Lokasi yang strategis untuk membuka usaha bengkel motor adalah tempat yang sering dilalui calon konsumen, dalam konteks ini pengendara motor, serta mudah diakses. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang