Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mulai Tahun Baru 2018, Sejumlah Mobil Dilarang Diproduksi di China

Berita Otomotif

Mulai Tahun Baru 2018, Sejumlah Mobil Dilarang Diproduksi di China

BEIJING – China mewajibkan sejumlah produsen mobil menghentikan produksi beberapa modelnya mulai besok, 1 Januari 2018 dengan alasan untuk menekan polusi udara

Pelarangan tersebut artinya menghentikan ‘kelahiran’ 553 unit mobil penumpang yang tidak memenuhi batas konsumsi bahan bakar. Di antaranya adalah Audi, Chevrolet, dan Mercedes-Benz.

553 kendaraan yang dilarang tersebut mungkin terdengar banyak. Namun jika dibandingkan dengan produksi mobil China setiap tahunnya, maka jumlah ini tentu menjadi sangat kecil.

Daftar mobil tersebut disusun oleh China Vehicle Technology Service Center dan analis dari China Merchants Securities. Mereka menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya sebuah daftar kendaraan yang melanggar aturan dicatat secara resmi. Daftar tersebut pun diklaim akan terlihat lebih banyak di masa depan guna menjaga kualitas lingkungan China.

Di sisi lain, China adalah salah satu pasar terbesar untuk kendaraan listrik dan telah mempertimbangkan aturan pelarangan penjualan kendaraan mesin bensin dan diesel. Namun, kebijakan tersebut mendapat banyak tentangan dari sejumlah produsen mobil.

Ini wajar terjadi karena dengan menghentikan produksi kendaraan bermesin konvensional tentu akan mempengaruhi industri otomotif di China. Patut dicatat, meski penjualan kendaraan listrik di China terbilang sangat tinggi, namun jumlah kendaraan bermesin konvensional juga tidaklah sedikit. Dengan dilarangnya kendaraan bermesin konvensional diproduksi, maka dikhawatirkan jumlah produksi kendaraan akan berkurang secara drastis. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang