Mulai Tahun Baru 2018, Sejumlah Mobil Dilarang Diproduksi di China

Berita Otomotif

Mulai Tahun Baru 2018, Sejumlah Mobil Dilarang Diproduksi di China

BEIJING – China mewajibkan sejumlah produsen mobil menghentikan produksi beberapa modelnya mulai besok, 1 Januari 2018 dengan alasan untuk menekan polusi udara

Pelarangan tersebut artinya menghentikan ‘kelahiran’ 553 unit mobil penumpang yang tidak memenuhi batas konsumsi bahan bakar. Di antaranya adalah Audi, Chevrolet, dan Mercedes-Benz.

553 kendaraan yang dilarang tersebut mungkin terdengar banyak. Namun jika dibandingkan dengan produksi mobil China setiap tahunnya, maka jumlah ini tentu menjadi sangat kecil.

Daftar mobil tersebut disusun oleh China Vehicle Technology Service Center dan analis dari China Merchants Securities. Mereka menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya sebuah daftar kendaraan yang melanggar aturan dicatat secara resmi. Daftar tersebut pun diklaim akan terlihat lebih banyak di masa depan guna menjaga kualitas lingkungan China.

Di sisi lain, China adalah salah satu pasar terbesar untuk kendaraan listrik dan telah mempertimbangkan aturan pelarangan penjualan kendaraan mesin bensin dan diesel. Namun, kebijakan tersebut mendapat banyak tentangan dari sejumlah produsen mobil.

Ini wajar terjadi karena dengan menghentikan produksi kendaraan bermesin konvensional tentu akan mempengaruhi industri otomotif di China. Patut dicatat, meski penjualan kendaraan listrik di China terbilang sangat tinggi, namun jumlah kendaraan bermesin konvensional juga tidaklah sedikit. Dengan dilarangnya kendaraan bermesin konvensional diproduksi, maka dikhawatirkan jumlah produksi kendaraan akan berkurang secara drastis. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual