Mulai September 2019, Pelumas Wajib SNI

Berita Otomotif

Mulai September 2019, Pelumas Wajib SNI

JAKARTA – Hingga kini sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk pelumas masih sukarela. Namun, mulai September 2019 akan menjadi wajib.

Dengan begitu semua pelumas atau oli yang dijual di Indonesia, baik itu berasal dari domestic maupun luar negeri, wajib memenuhi SNI.

“Awalnya, SNI bagi pelumas masih sukarela. Tapi jika sudah diwajibkan maka semuanya harus mematuhinya. Mereka yang melanggar pasti dikenai sanksi,” kata Kukuh S Achmad, Deputi Bidang Penerapan Standar & Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), seperti dikutip dari Antaranews.

Berdasarkan Bab X Ketentuan Pidana Pasal 62 UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian disebutkan bahwa Setiap orang yang memalsukan SNI atau membuat SNI palsu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun atau pidana denda paling banyak Rp50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah).

Wajib SNI untuk pelumas sudah sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2014 dan pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2018. Melalui PP tersebut menteri-menteri terkait wajib melakukan analisis dampak regulasi terdahulu.

BSN sendiri akan menginformasi kepada internasional bahwa Indonesia akan menerapkan wajib label SNI untuk setiap produk pelumas yang akan beredar di sini.

“BSN sebagai titik kontak dengan WTO (World Trade Organization) telah memberitahukan pada 2018 dan tidak ada tanggapan dari negara-negara anggota WTO. Jadi jika ada ekspor ke Indonesia tidak masalah dengan peraturan ini,” imbuhnya.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli permesinan dari ITB (Institut Teknologi Bandung), menyambut baik penerapan SNI karena akan melindungi para pelanggan dari sisi kualitas, sehingga performa mesin terjaga. [Idr]

  

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar