Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Moeldoko: Indonesia Harus Jadi "Penjuru" Perkembangan Mobil Listrik Dunia

Berita Otomotif

Moeldoko: Indonesia Harus Jadi

JAKARTA - Moeldoko Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mengatakan bahwa Indonesia bisa dan harus menjadi "penjuru" dalam perkembangan kendaraan listrik di seluruh dunia.

Pesan ini Ia sampaikan dalam kata sambutan pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, Jumat (22/07/2022).

Moeldoko mengungkapkan Indonesia memiliki peran penting dalam industri kendaraan listrik dunia. Alasannya adalah Indonesia mempunyai sumber daya yang mumpuni.

"Indonesia punya peran yang luar biasa penting dalam pengembangan mobil listrik dunia, karena Indonesia memiliki berbagai sumber daya yang bisa menjadi unsur pendukung," jelasnya.

Moeldoko juga mengungkapkan mobil listrik bisa menjadi jawaban atas tantangan global yang ada saat ini.

Tantangan global yang Ia maksud adalah krisis energi dan kebersihan lingkungan.

Mobil listrik, kata Moeldoko, memiliki efisiensi yang luar biasa, sehingga bisa menjadi solusi atas meningkatnya harga komoditi energi yang sedang meningkat, mau itu gas atau minyak.

Mobil listrik juga dapat mengurangi polusi udara dan menjaga lingkungan tetap bersih untuk keberlangsungan hidup manusia.

"Dengan teknologi mobil listrik ini, dua-duanya akan terjawab dengan baik," ujar Moeldoko.

"Maka dari itu, Indonesia harus bisa menjadi "penjuru" dalam perkembangan mobil listrik dunia," lanjutnya.

PEVS Sebagai Pemicu dan Pemacu

Agar peran penting Indonesia dalam perkembangan mobil listrik dunia terwujud, harus ada kesadaran dari berbagai pihak, baik pengguna atau pabrikan, tentang pentingnya mobil listrik. Moeldoko berharap PEVS bisa menjadi "pemicu" dan "pemacu" hal tersebut.

"Pemicu kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan mobil listrik khususnya di Indonesia," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) itu.

Dirinya juga berharap PEVS bisa menjadi pemicu masyarakat untuk bertransisi dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik.

Ia menyadari kalau proses transisinya tidak akan mudah karena masyarakat sudah "nyaman" dengan kendaraan konvensional.

"Bensin tinggal isi dan tidak lama, tapi mobil listrik butuh waktu, sementara mesti cari dulu tempat untuk chargingnya" jelasnya.

Tapi, ia ingin memastikan kalau menggunakan mobil listrik itu tidak seribet yang dipikirkan calon pengguna.

"Dengan datang dan melihat kesini, sesungguhnya mobil listrik itu simpel dan mudah," terangnya.

Selain dari sisi masyarakat sebagai pengguna, ia juga berharap pameran ini bisa menjadi "pemacu" bagi industri otomotif Indonesia.

"Saya yakin dengan adanya PEVS ini, pergerakan industri kendaraan listrik di Indonesia akan semakin luar biasa," pungkas dia.

Sebagai informasi, PEVS 2022 merupakan pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia yang berlangsung mulai 22 - 31 Juli di JIExpo Kemayoran, Jakarta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang