Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Modifikasi Ringan CVT Motor Matik Biar Tarikan Lebih Joss

Berita Otomotif

Modifikasi Ringan CVT Motor Matik Biar Tarikan Lebih Joss

JAKARTA – Bikin motor matik lebih joss tarikannya cukup dengan modifikasi ringan pada CVT.

CVT (Continuously Variable Transmission) komponen penggerak kendaraan yang tengah digemari saat ini, khususnya sepedamotor. Bahkan penjualan motor jenis ini merajai di Tanah Air karena menawarkan kemudahan dan kepraktisan, dalam hal aktivitas sehari-hari.

Sistem transmisi otomatis ini mengandalkan sabuk atau belt sebagai penghubungnya. Meskipun membuat pengemudi lebih mudah dalam berkendara, namun di dalamnya terdapat beberapa komponen yang pendukung yang cukup rumit.

Beberapa komponen pendukung seperti roller, per dan kampas kopling gandanya, secara bersamaan dengan belt bertugas untuk menggerakkan kendaraan. Namun ada konsumen yang masih belum puas dengan performa motor bawaan pabrik. Wahana Honda memberikan tips sederhana untuk memodifikasi CVT agar tarikan motor lebih joss.

  • Roller Ringan

Mengubah bobot roller dikatakan cukup krusial dalam membuat tarikan motor lebih ringan. Keberadaan roller dalam sistem kerja CVT memiliki peranan yang cukup krusial yakni sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya.

Penggunaan roller yang lebih ringan akan membuat kinerja sistem CVT motor Anda akan jauh lebih mulus saat digunakan berkendara.

  • Jalur roller

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa roller bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Artinya, komponen ini memiliki jalurnya tersendiri di mana Anda dapat mengubah atau mengotak-atik jalur tersebut sesuai dengan preferensi.
Modifikasi CVT Motor Matik
Jika menginginkan tarikan motor lebih ringan, jalur roller harus diubah menjadi lebih panjang. Dengan demikian, komponen roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada putaran atas dapat lebih terisi dan mengoptimalkan kinerjanya.

Untuk melakukan upgrade pada komponen ini, bisa langsung membawanya ke bengkel atau dengan mengopreknya sendiri dengan alat yang Anda miliki. Prosesnya menggunakan mata bor tuner ataupun dengan menggunakan alat bantu yang biasa digunakan untuk mengeruk. Poin utamanya adalah untuk membuat jalur komponen roller tersebut lebih presisi dan landai agar roller dapat bergulir dan berfungsi dengan sempurna.

  • Ganti Per CVT

Modifikasi ringan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja dari CVT adalah dengan mengganti komponen per yang sudah terpasang. Mekanik bengkel biasanya akan menyarankan Anda untuk menggunakan per yang memiliki karakter lebih keras dan sedikit lebih panjang. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses akselerasi dalam kendaraan.

Produk per CVT ini dapat dengan mudah Anda temukan di bengkel atau toko otomotif yang menjual barang-barang aftermarket. Pada dasarnya, Anda bisa menyesuaikan penggunaan per tersebut sesuai dengan preferensi. Namun juga harus disesuaikan dengan spesifikasi dari motor atau kendaraan roda dua yang Anda miliki. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang