Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Selo Menggeliat Lagi Setelah dapat Janji Presiden Jokowi

Berita Otomotif

Mobil Listrik Selo Menggeliat Lagi Setelah dapat Janji Presiden Jokowi

SURABAYA – Kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di gedung Graha Pena Surabaya disambut oleh mobil listrik karya anak Bangsa, Selo. Mobil yang sempat viral beberapa tahun lalu ini kini memang seakan mulai tenggelam namanya seiring dengan waktu.

Presiden Jokowi pun langsung melihat mobil tersebut didampingi oleh mantan Menteri BUMN sekaligus salah satu penggagas mobil listrik Nasional, Dahlan Iskan. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi pun berkenalan dengan sejumlah pengembang dari mobil Selo.

Melihat mobil Listrik Selo, Presiden Jokowi pun mengakui bahwa saat ini inovasi-inovasi yang digagas oleh anak bangsa justru lebih banyak terkendala oleh regulasi. Oleh karena itu, Ia pun berjanji bahwa akan melakukan tindakan deregulasi agar inovasi anak bangsa bisa berkembang.

Hal ini tentu saja merupakan angin segar bagi Ricky Elson, salah satu pengembang dari mobil Selo. Pasalnya, dalam pengembangan mobil yang Ia ciptakan ini memang ada banyak kendala khususnya dari komponen kendaraan.

Dalam akun Facebooknya, Ia menyebutkan bahwa Ia membutuhkan baterai namun terkendala karena baterai-baterai tersebut tertahan kedatangannya. Padahal, baterai tersebut sudah dibantu oleh Dahlan Iskan melalui koleganya.

“Selo saat ini dalam kondisi permasalahan di Battery Lithium yang menjadi sumber tenaga, karena performa yang masih rendah, dari produsen dalam negeri saat pengembangan yang supportnya telah terhenti. Lalu sekitar 5 bulan yang lalu, saya meminta tolong pak Dahlan untuk pengadaan Battery Samsung INR 18650-25R sebanyak 6000pcs. Beliau segera memesankan melalui koleganya. Lalu bagaimana ceritanya? Masih tertahan. Dimana? Tidak perlu nanyalah. Silahkan konfirmasi saja pada para pelaku impor. Apa yang terjadi.  Kami bukan dalam posisi menyalahkan sesiapa. Memang prosedurnya demikian,” ungkap Ricky.

Kesulitan mengembangkan mobil listrik di Indonesia memang sangat disayangkan. Pasalnya Presiden Jokowi tengah melakukan kajian agar mobil listrik bisa lebih cepat hadir di Indonesia. APM dari berbagai merk pun sudah diundang untuk dapat mempercepat tercapainya cita-cita tersebut.

Pertanyaannya kini, apakah kebijakan tersebut bisa dimanfaatkan oleh mobil listrik cipataan anak bangsa, atau mobil dengan brand ternama yang bisa menikmatinya? [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang