Mobil Kena Banjir? Cek Hal Ini untuk Klaim Asuransi

Panduan Pembeli

Mobil Kena Banjir? Cek Hal Ini untuk Klaim Asuransi

JAKARTA – salah satu hal negatif yang selalu hadir ketika musim hujan tiba adalah banjir. Musibah banjir menimpa berbagai wilayah di Indonesia. Untuk keamanan dan kenyamanan, coba periksa kembali asuransi mobil Anda, apakah sudah meng-cover musibah banjir.

Bila asuransi yang Anda ambil melindungi Anda dari musibah banjir, perhatikan pula hal-hal berikut agar klaimnya dapat diproses (tidak ditolak).

1.    Jangan memaksakan kendaraannya untuk melewati banjir atau genangan air yang dalam dengan sengaja
2.    Jangan mencoba menyalakan atau melakukan starter kendaraannya dalam keadaan terendam banjir
3.    Jangan mencoba menyalakan atau melakukan starter kendaraannya dalam keadaan kendaraan sehabis terendam banjir walaupun airnya sudah kering
4.    Melapor ke asuransi dalam jangka waktu paling lambat lima hari setelah kejadian

“Hal-hal tersebut terdapat dalam pasal pengecualian polis yang berlaku di Indonesia bahwa kasus tersebut tidak akan dijamin kerugian dan kerusakannya karena disebabkan oleh tindakan yang disengaja oleh tertanggung atau pengemudi dan dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi dalam keadaan rusak atau tidak layak jalan,” ujar Basukarno Harji Saputro, Claim Retail Departement Head Adira Insurance. 

Basukarno menambahkan bahwa sebaiknya, jika para Pelanggan terjebak banjir, segera matikan mesin mobil Pelanggan dan cabut baterai aki mobil agar kerusakan pada mesin tidak semakin parah. 

Untuk perlindungan terhadap mobil, Adira Insurance menyediakan paket perlindungan jaminan banjir untuk produk asuransi mobil Autocillin dan asuransi mobil mewah Autocillin Platinum. 

Produk asuransi kendaraan roda empat ini memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan yang disebabkan secara langsung oleh angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air, atau tanah longsor. 

Dalam memperoleh perlindungan asuransi dan melakukan klaim, Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi call center Adira Care 1500 456. 

Khusus untuk melakukan klaim, Adira Insurance memiliki Autocillin Mobile Claim Application dimana Pelanggan dapat melakukan klaim dengan melakukan upload foto kerusakan kendaraan dan mengirimkan laporannya kerusakan mobilnya melalui aplikasi tersebut dimana saja dan kapan saja. 

Selain itu, Adira Insurance juga memberikan Autocillin Mobile Service, fasilitas klaim mobil keliling berbentuk VW Combi yang tersedia di pusat-pusat perbelanjaan yang tersebar di Jabodetabek.

Adira Insurance juga telah membentuk tim tanggap bencana yang bertujuan untuk memberikan bantuan berupa evakuasi.

“Setiap tahunnya, kami selalu membentuk tim tanggap bencana di Adira Insurance, terutama menjelang musim penghujan. Tim tanggap bencana Adira Insurance juga selalu berkoordinasi dengan tim bencana Danamon sebagai holding company kami,” ujar Guntur Pramudhya, Contact Center Department Head Adira Insurance.

Bantuan utama yang diberikan utamanya adalah untuk mengevakuasi kendaraan ke lokasi yang lebih aman serta perbaikan kendaraan atas kerusakan akibat banjir sesuai jaminan yang tercatat di dalam polis. Selain itu, kami juga memberikan bantuan logistik bagi para korban banjir melalui posko-posko banjir yang ada. 

“Terkait dengan proses evakuasi tersebut, kami selalu mengarahkan Pelanggan untuk menghubungi call center Adira Care 1500 456 agar Pelanggan dapat segera memperoleh pertolongan dari kami,” ujar Guntur. 

Untuk penanganan perbaikan kendaraan, setiap musim penghujan, Adira Insurance juga telah berkoordinasi dengan bengkel rekanan terkait prosedur penanganan dan perbaikan kendaraan yang terkena banjir dengan baik dan memudahkan Pelanggan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support