Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Sedang Mencari Ide ‘Gila’ untuk Xpander AP4, Ada Usulan?

Berita Otomotif

Mitsubishi Sedang Mencari Ide ‘Gila’ untuk Xpander AP4, Ada Usulan?

JAKARTA – Mitsubishi mengaku kurang berminat mengikutsertakan Xpander AP4 di ajang reli lagi. Mereka kini sedang mencari ide ‘gila’ lain untuknya.

Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida mengatakan kemunculan Xpander AP4 membuat banyak pihak kaget, khususnya yang mengikuti dunia balap.

Menurutnya, tidak ada yang menyangka sebuah mobil keluarga bisa terjun ke reli. Namun, unsur kejutan itu ia nilai telah berakhir.

“Untuk yang kedua kalinya (ikut reli) mungkin masih ada keseruannya sedikit. Tapi, enggak segila yang pertama, lah. Pada saat yang ketiga kalinya, sudah enggak lagi,” kata Tsuchida merespons pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Mitsubishi Xpander AP4

Sekadar mengingatkan, Xpander AP4 merupakan versi balap dari Xpander. Ini adalah multi purpose vehicle (MPV) pertama di dunia yang dijadikan sebuah mobil reli.

Versi purwarupanya hadir pertama kali dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Lalu, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, hasil yang sudah jadinya resmi meluncur.

Awalnya, Xpander AP4 ingin diikutsertakan NZRC Goldrush Rally of Coromandel 2019, tapi gagal karena masalah homologasi. Lalu, terpaan pandemi Covid-19 mulai awal 2020 membuat rencana partisipasinya di ajang reli sempat cukup lama tertunda.

Baru sekitar setahun kemudian, Xpander AP4 yang dikendarai Rifat Sungkar mulai ikut beragam kejuaraan reli dan meraih prestasi. Seperti pada Sprint Rally 2021, ketika menjadi Juara Nasional.

Lalu, dalam Asia Pacific Rally Champhionship (APCR) 2022 di Danau Toba, Sumatera Utara, Xpander AP4 plus Rifat juga berhasil menjadi menjadi juara. ‘Pasangan’ tersebut menjadi Juara Umum pula dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli Muara Bungo, Jambi tahun ini.

Mitsubishi Xpander AP4

Rifat sendiri sekarang dipercaya menjadi pebalap utama tim Mitsubishi Ralliart dalam AXCR 2022 di Thailand pada 21-27 November mendatang. Tapi, mobil yang akan ia kemudikan adalah Mitsubishi Triton Ralliart.

Lebih lanjut, Tsuchida mengatakan pihaknya belum ada rencana mengikutsertakan Xpander AP4 ke ajang reli lagi. Sembari mengurusi tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022, jenama asal Jepang itu juga sedang mencari ide ‘gila’ lainnya untuk Xpander AP4.

“Kami masih mencari ide gila atau segila yang kami lakukan pertama. Kalau memang ada lagi akan kami siapkan,” pungkas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang