Presdir Baru Mitsubishi Indonesia Akan Tingkatkan Bisnis Bersama Nissan

Berita Otomotif

Presdir Baru Mitsubishi Indonesia Akan Tingkatkan Bisnis Bersama Nissan

JAKARTA – Mitsubishi dan Nissan akan mencari peluang melakukan kolaborasi produk selanjutnya setelah Xpander demi mengembangkan bisnis aliansi di Indonesia.

Seperti diketahui, Mitsubishi, Nissan, plus Renault tergabung dalam aliansi dan salah satu rencana besar mereka adalah kolaborasi sumber daya produk, komponen dan pabrik demi mencapai skala ekonomi terbaik. Khusus di pasar Indonesia, Mitsubishi akan berbagi platform multi purpose vehicle (MPV) Xpander untuk digunakan di produk baru Nissan.

Selain itu, pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi pun bakal memproduksi dan menyuplainya mulai 2019. Sayangnya, rincian waktu perakitan MPV ‘Nissan Xpander’ tersebut masih dirahasiakan.

Memperlancar segala rencana bisnis aliansi di Indonesia diakui oleh Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) yang baru, menjadi salah satu tugasnya. Namun, sebagai ‘orang baru’ di MMKSI, ia, dalam wawancara pada Rabu (19/9/2018) malam, mengaku belum punya cukup informasi mengenai bisnis aliansi di negeri ini. Satu hal yang pasti menurut Nakamura adalah pihaknya tentu bakal mencari kesempatan bekerja sama lagi dengan Nissan untuk mengembangkan portofolio produk keduanya di Indonesia.

“Saya belum tahu soal kolaborasi produk selanjutnya. Tapi, sungguh natural jika kami memiliki suatu ekspektasi terhadap aliansi yang bisa meningkatkan bisnis, baik bisnis Mitsubishi maupun Nissan,” tandasnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai acara lepas – sambut pimpinan MMKSI di Jakarta.

Sebagai informasi, Mitsubishi sendiri belum lama masuk ke dalam Aliansi Nissan. Merek berlogo tiga berlian ini bergabung setelah Nissan membeli 34 persen saham mereka pada akhir 2016.

Baru dua kolaborasi produk antara Mitsubishi dengan Nissan yang sudah diumumkan. Selain penggunaan platform Xpander untuk MPV Nissan di Indonesia, ada juga rencana pemakaian platform yang sama di generasi terbaru double cabin Mitsubishi Triton dan Nissan Navara untuk pasar global. Namun hingga berita ini diturunkan keduanya belum terealisasikan [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual