Merokok di Mobil Bikin Harga Jual Makin Jatuh

Panduan Pembeli

Merokok di Mobil Bikin Harga Jual Makin Jatuh

JAKARTA – Mengemudi sembari merokok mungkin sudah menjadi hal yang sering dilakukan. Padahal, merokok di mobil dapat memberi banyak kerugian.

Banyak yang tidak sadar bahwa merokok di lingkungan tertutup seperti kabin mobil membuat konsentrasi asap lebih tinggi. Banyaknya polutan di permukaan kain kabin mobil dapat membuat asap menempel dan baru bisa dihilangkan beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Membuka jendela dan membiarkan asap keluar juga bukanlah solusi atas asap ini.

Asap tersebut, dapat menimbulkan bau tidak sedap dan sulit untuk dihilangkan. Akibatnya, saat menjual mobil kembali, harga jualnya bisa terjun bebas. Hal ini dikarenakan pedagang mobil harus membuat kondisi mobil kembali seperti semula, dan itu tidaklah murah. Pasalnya, mobil bekas perokok memiliki bau yang tidak sedap dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk menghilangkan bau tersebut, maka sebelum mobil dijual pedagang harus mencuci interior terlebih dahulu. Dalam kondisi ekstrim, maka pencucian harus dilakukan dengan melepas karpet dasar agar bau bisa hilang.

“Selain mencuci karpet, pedagang juga harus mencuci plafon. Kesulitan lebih tinggi karena plafon tidak bisa dilepas seperti karpet dasar. Sehingga pencucian biasanya hanya dilakukan pada noda-noda sisa asap. Umumnya, plafon akan berubah warna menjadi kekuningan akibat asap rokok,” ungkap Nurul Bachtiar, Account Manager Mobil123.

Pria yang telah bergelut di dunia otomotif khususnya mobil bekas ini juga mengatkan bahwa mobil bekas pengendara perokok biasanya memiliki masalah di jok mobil. Bara rokok yang terbang ke dalam interior biasanya berhasil menciptakan lubang. Perbaikan untuk kondisi ini adalah mengganti pelapis jok. Kondisi ini pun membuat harga mobil semakin jatuh.

“Perbedaan harga mobil bekas perokok dan bukan perokok bisa mencapai Rp 5 juta. Harga tersebut masih bisa lebih katuh lagi, tergantung kondisi mobil dan jenis mobil,” ungkapnya.

Lantas, bagaimana menghindari penurunan harga tersebut?

“Jawabannya sederhana, jangan pernah merokok di mobil,” pungkasnya. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual