Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merokok di Mobil Bikin Harga Jual Makin Jatuh

Panduan Pembeli

Merokok di Mobil Bikin Harga Jual Makin Jatuh

JAKARTA – Mengemudi sembari merokok mungkin sudah menjadi hal yang sering dilakukan. Padahal, merokok di mobil dapat memberi banyak kerugian.

Banyak yang tidak sadar bahwa merokok di lingkungan tertutup seperti kabin mobil membuat konsentrasi asap lebih tinggi. Banyaknya polutan di permukaan kain kabin mobil dapat membuat asap menempel dan baru bisa dihilangkan beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Membuka jendela dan membiarkan asap keluar juga bukanlah solusi atas asap ini.

Asap tersebut, dapat menimbulkan bau tidak sedap dan sulit untuk dihilangkan. Akibatnya, saat menjual mobil kembali, harga jualnya bisa terjun bebas. Hal ini dikarenakan pedagang mobil harus membuat kondisi mobil kembali seperti semula, dan itu tidaklah murah. Pasalnya, mobil bekas perokok memiliki bau yang tidak sedap dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk menghilangkan bau tersebut, maka sebelum mobil dijual pedagang harus mencuci interior terlebih dahulu. Dalam kondisi ekstrim, maka pencucian harus dilakukan dengan melepas karpet dasar agar bau bisa hilang.

“Selain mencuci karpet, pedagang juga harus mencuci plafon. Kesulitan lebih tinggi karena plafon tidak bisa dilepas seperti karpet dasar. Sehingga pencucian biasanya hanya dilakukan pada noda-noda sisa asap. Umumnya, plafon akan berubah warna menjadi kekuningan akibat asap rokok,” ungkap Nurul Bachtiar, Account Manager Mobil123.

Pria yang telah bergelut di dunia otomotif khususnya mobil bekas ini juga mengatkan bahwa mobil bekas pengendara perokok biasanya memiliki masalah di jok mobil. Bara rokok yang terbang ke dalam interior biasanya berhasil menciptakan lubang. Perbaikan untuk kondisi ini adalah mengganti pelapis jok. Kondisi ini pun membuat harga mobil semakin jatuh.

“Perbedaan harga mobil bekas perokok dan bukan perokok bisa mencapai Rp 5 juta. Harga tersebut masih bisa lebih katuh lagi, tergantung kondisi mobil dan jenis mobil,” ungkapnya.

Lantas, bagaimana menghindari penurunan harga tersebut?

“Jawabannya sederhana, jangan pernah merokok di mobil,” pungkasnya. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang