Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merek China BYD Masuk 10 Besar Pabrikan Mobil Terlaris di Dunia

Mobil Listrik

Merek China BYD Masuk 10 Besar Pabrikan Mobil Terlaris di Dunia

JAKARTA – Merek China BYD masuk dalam daftar 10 besar pabrikan mobil terlaris sejagat raya pada 2023.

BYD, menurut laporan Carscoops belum lama ini, untuk pertama kalinya masuk dalam jejeran 10 pabrikan mobil terpopuler di dunia dari sisi penjualan. Ini semua berkat capaian penjualan 3.024.417 unit yang mereka capai sepanjang 2023.

Bukan itu saja prestasi BYD tahun lalu. Mereka juga menjadi pabrikan kendaraan energi terbarukan paling besar di dunia (termasuk hybrid, plug-in hybrid/PHEV, battery electric vehicle/BEV,dan hidrogen).

Sekadar informasi, BYD sedang bersiap masuk ke Indonesia pada 2024. Jenama yang fokus pada mobil berteknologi ‘hijau’ ini berencana memperkenalkan diri sekaligus meluncurkan model perdana di Tanah Air pada semester satu.

BYD

Lebih lanjut, dari 3 juta mobil yang BYD jual secara global pada 2023, sebanyak 1,57 juta di antaranya adalah mobil listrik murni (BEV). Adapun 1,4 juta lainnya berjenis PHEV.

Jika melihat hanya mobil listrik murni, torehan BYD masih kalah dari Tesla. Pabrikan mobil listrik murni asal Amerika Serikat tersebut tahun lalu membukukan transaksi jual-beli 1,8 juta unit.

Meski begitu, BYD telah mampu memperkecil selisih penjualan mereka dengan Tesla. Pada 2022, pabrikan yang merupakan singkatan dari ‘Build Your Dream’ itu menjual 400 ribu unit lebih sedikit ketimbang Tesla.

Bahkan, pada kuartal keempat (Oktober-Desember) 2023, BYD menjual lebih banyak mobil listrik daripada Tesla dan mengindikasikan bahwa Tesla akan menghadapi tantangan yang signifikan pada tahun ini.

BYD

Performa impresif BYD pada 2023 antara lain dikontribusikan oleh perluasan ekspor yang mereka lakukan.

China sendiri diproyeksikan sebagai eksportir mobil terbesar dunia pada 2023 berkat merek-merek lokal seperti BYD yang mencatatkan peningkatan 334 persen kendaraan di luar negeri, jika dikomparasi dengan tahun sebelumnya.

Secara total, BYD melego 242.765 mobil di 70 negara. BYD dan para kompatriot dari ‘Negeri Tirai Bambu’ melakukan ekspansi agresif di pasar global, termasuk Eropa.

Hal ini sampai membuat Eropa sekarang melakukan investigasi subsidi dari pemerintah China dan memperbandingkannya dengan kebijakan mereka sendiri sebagai responsnya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang