Mercedes-Benz Segera Lansir Hypercar Terbaru

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Segera Lansir Hypercar Terbaru

LONDON - Pabrikan papan atas dunia memang senang untuk berkompetisi. Melakukan riset dan pengembangan untuk menjadi yang tercepat dan terbaik, berujung meningkatkan pamor dan eksistensi dari masing-masing brand. Ajang balap jet darat F1 salah satu contohnya.

Setelah sangat sukses di F1 dan menjadi pemimpin pada kelasmen sementara tahun ini, Mercedes Benz berencana untuk membuat kendaraan hypercar berbasis teknologi F1 yang sah untuk digunakan di jalan raya.

Mercedes-Benz sepertinya tidak mau kalah set dengan Aston Martin. Ya seperti kita ketahui, bulan lalu pabrikan asal Inggris ini bekerjasama dengan tim F1 Red Bull melansir hypercar bernama AM-RB 001.

Dan kemudian mencanangkan bahwa kendaraan tersebut akan siap di tahun 2018. Akan menantang tidak hanya AM-RB 001, tapi juga hypercar yang lebih dulu eksis yakni Ferrari LaFerrari, McLaren P1 dan Porsche 918 Spyder.

Kabarnya Mercedes-AMG hypercar ini memiliki kualitas lebih baik dari kendaraan konsep mereka Mercedes-Benz AMG Vision Gran Turismo seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kendaraan ini disebut bakal lebih bertenaga, selain di jalan raya juga sangat siap untuk dipacu di atas trek balap.

Media-media di Inggris menyebutkan bahwa “monster” jalan raya ini akan menggunakan mesin F1 W07 yang sekarang sedang digunakan oleh Lewis Hamilton dan Nico Rosberg di balap 2016. Memiliki konfigurasi V-6 berkapasitas 1.6-liter, mesin ini memiliki range tenaga 1.000 – 1.500 hp.

Dari sisi konstruksi, Mercedes-AMG hypercar akan menggunakan basis carbon fiber monocoque dan kokpit dengan gullwing. Bentuknya lebih kurang akan seperti Mercedes 300 SLS dan SLS AMG serta memiliki nilai aerodinamika setara dengan mobil F1.

Dengan komposisi tenaga mesin dan bobot kendaraan, mobil ini akan memiliki power to weight ratio 1 : 1 yang artinya 1 hp hanya akan mendapat beban 1 kg saja.

Dari sisi teknologi, Mercedes-AMG hypercar akan dilengkapi dengan beragam fitur terkini. Salah satunya adalah biometric driver control system. Teknologi yang juga telah digunakan pada Vision Mercedes-Maybach 6 ini dapat menganalisa kondisi fisik dari pengemudi secara real time dan mengatur chasis kendaraan serta kontrol elektrik.

Terakhir, tahun 2017 adalah saat yang tepat untuk meluncurkan Mercedes-AMG hypercar karena tahun bertepatan dengan peringatan ke-50 tahun AMG. Akankah Mercedes-Benz benar-benar akan merealisasikan mobil ini tahun depan?. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual