Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kabar Terbaru Soal Relaksasi PPnBM untuk Mobil Baru akan Disampaikan Kamis

Berita Otomotif

Kabar Terbaru Soal Relaksasi PPnBM untuk Mobil Baru akan Disampaikan Kamis

JAKARTA -  Pemerintah memutuskan kembali memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Kabar terbaru soal relaksasi pajak atau dikenal juga dengan sebutan diskon PPnBM itu akan segera disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada pertengahan Januari menyampaikan bahwa diskon PPnBM diperpanjang tahun ini. Namun, program pemerintah untuk menumbuhkan pasar otomotif di tengah pandemi Covid-19 itu berbeda dari tahun lalu. 

Pada 2021, mobil baru dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc mendapat diskon PPnBM 100% sejak Maret sampai Desember. Ada juga diskon PPnBM sebesar 50% dan 25% bagi mobil berkapasitas mesin 1.501-2.500 cc tergantung sistem penggerak rodanya.

Adapun syarat utamanya yaitu, mobil sudah diproduksi di Indonesia dan memiliki local purchase (penggunaan komponen lokal) sebanyak 60%.

Sementara itu pada program terbaru, pemerintah membatasi model mobil berdasarkan harga. Hanya mobil yang dibanderol di bawah Rp250 juta saja yang berhak mendapatkan keringanan pajak. 

Pemerintah telah menetapkan dua skema. Pertama diskon PPnBM 100% dari tarif normal 3% untuk kendaraan jenis LCGC berlaku sepanjang kuartal I 2022. Pada kuartal II 2022, pemerintah akan mengenakan tarif PPnBM sebesar 1 persen dan 2 persen pada kuartal III 2022. 

Pada tiga bulan terakhir kembali ke tarif normal. 

Skema kedua, khusus kendaraan roda empat dengan harga Rp200–Rp 250 juta, yang tarif PPnBM-nya sebesar 15 persen, pada Kuartal I ini akan diberikan insentif sebesar 50% yang ditanggung pemerintah, jadi masyarakat hanya membayar PPnBM sebesar 7,5 persen. Sedangkan di kuartal II kembali membayar penuh sebesar 15 persen.

Tidak cuma dibatasi dari segi harga, pemerintah juga menetapkan batas minimal penggunaan komponen lokal untuk setiap model mobil supaya masuk kategori dapat relaksasi PPnBM. Namun, sampai saat ini belum diketahui batas minimalnya.

"Ada persyaratan local content atau local purchase, yang sedang dibahas nilainya oleh tim teknis,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya, belum lama ini. 

Terbaru, Kemenperin akan menyampaikan lebih lanjut mengenai kebijakan PPnBM yang kembali diperpanjang tahun ini. Rencananya akan diumumkan pada Kamis, (3/2/2022) bersamaan dengan acara press conference Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di Jakarta. 

Acara tersebut nantinya akan dihadiri langsung oleh Menperin Agus, Bambang Soesatyo Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Pusat, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, perwakilan dari masing-masing merek kendaraan, dan lainnya. 

Seperti diketahui, penyelenggaraan IIMS 2022 akan dilaksanakan pada 17 - 27 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat.

Adapun harga tiket per orang di hari biasa atau weekdays Rp50 ribu dan Rp70 ribu per orang untuk akhir pekan atau weekend. [Tih/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang