Menhub Himbau Masyarakat Tetap Kedepankan Keselamatan

Berita Otomotif

Menhub Himbau Masyarakat Tetap Kedepankan Keselamatan

JAKARTA – Menteri Perhubungan memberikan tips jitu kepada masyarakat Indonesia untuk menghindari kepadatan lalu lintas pada 1 Januari 2018.

Setiap di penghujung tahun, masyarakat Indonesia umumnya melakukan kegiatan liburan dan mudik. Sama seperti perayaan Hari Raya Lebaran, kegiatan tersebut dapat mempengaruhi kondisi lalu lintas khususnya di wilayah Ibu Kota.

Tahun ini, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 1 Januari 2018 karena masyarakat akan kembali beraktivitas normal pada 2 Januari 2018. PT Jasa Marga juga sudah memprediksikan kenaikan volume lalu lintas terjadi pada 1 Januari 2018 sebanyak 104.000 kendaraan atau naik sekitar 3,11 persen dari tahun sebelumnya yakni sebesar 88.527 kendaraan.

Guna menanggulangi kepadatan lalu lintas tersebut, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia memberikan sebuah solusi kepada masyarakat.

“Kami mengimbau sebaiknya jangan pulang berbarengan pada tanggal 1 Januari 2018 agar tidak terjadi kepadatan arus kendaraan pada saat arus balik tahun baru. Malam tahun barunya di Jakarta saja, acara tahun baru di sini kan juga bagus,” tutur Budi Karya Sumadi.

Selain itu, Kemenhub juga telah berkoordinasi dengan Kakorlantas untuk pengaturan arus lalu lintas. Kemenhub dan Kakorlantas akan kembali mengadakan contaflow dan pembatasan jalan apabila terjadi penumpukan atau kemacetan parah.

Sebelumnya pada arus mudik pada 23 Desember 2017, telah terjadi kenaikan volume kendaraan di Tol Cipali. Lonjakan tersebut dapat memicu masyarakat untuk menggunakan jalur selatan guna menghindari kepadatan lalu lintas di Tol Cipali.

"Satu kenaikan signifikan pada arus mudik tanggal 23 Desember di Tol Cipali sebanyak 58 persen. Kita menduga dengan kenaikan tersebut, pada saat arus balik mereka akan menggunakan jalur selatan untuk menghindari kemacetan di tol Cipali," tambah Menteri Perhubungan.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan. Mengutamakan keselamatan dalam berkendara merupakan salah satu faktor utama dalam melakukan kegiatan mudik.

“Saya ingatkan masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan. Sebelum berangkat pastikan kondisi kendaraan baik, mematuhi semua aturan lalu lintas, dan selalu menjaga kesehatan. Kalau lelah harus istirahat, jangan dipaksakan,” tutup Budi Karya Sumadi. [Amo/Idr]

Baca Juga: Menhub Temui Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Bahas Transportasi Publik



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual