Menhub Temui Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Bahas Transportasi Publik

Berita Otomotif

Menhub Temui Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Bahas Transportasi Publik

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, untuk membahas permasalahan transportasi di Ibu kota.

Bertempat di kantor Kementrian Perhubungan pada Senin (04/12/2017), mereka membahas solusi dari permasalahan transportasi massal di DKI Jakarta. Termasuk membahas Light Rail Transit (LRT) dan Elevated Loop Line (jalur lingkar layang).

“Saya bersama dengan Gubernur dan Wagub, bicara tentang beberapa ide dari Pemprov DKI yang sudah cocok dengan kita (Kemenhub), di antaranya mengenai transportasi massal, Loop Line, Light Rail Transit (LRT) dan Electronic Road Pricing (ERP),” ujar Menhub Budi.

Menurutnya, permasalahan kemacetan disebabkan oleh banyaknya mobilitas dari masyarakat yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Berkaitan dengan hal tersebut, mereka mengungkapkan perlunya meningkatkan pelayanan angkutan umum.

“Pelayanan transportasi massal harus ditingkatkan, disediakan jalur khusus bus dari Bekasi ke Jakarta, Trans Jakarta lebih banyak akan semakin bagus bahkan bisa mencapai rute Tangerang dan Bogor. Dengan ini masyarakat tidak menggunakan kendaraan pribadinya untuk mobilitas sehari-hari sehingga masalah kemacetan dapat berkurang," papar Budi.

Terkait dengan Elevated Loop Line dan ERP, Menhub dan kedua pemimpin DKI Jakarta tersebut di atas, sepakat untuk mempercepat proses pelaksanaannya. Perlintasan sebidang, ditunjuk sebagai biang keladi masalah lalu-lintas di Jakarta.

“Perlintasan sebidang merupakan faktor penyebab terganggunya kelancaran lalu lintas, oleh karenanya jalur lingkar layang akan dibangun, sehingga nanti tidak ada lagi perlintasan sebidang di Jakarta. Kemudian terkait ERP, perlu didorong dengan pengurus untuk percepatan serta perlunya pengelolaan wilayah utama dalam kaitannya untuk park and ride (parkir),” jelas Budi.

Anies mengatakan bahwa kedatangannya ke kantor Kementrian Perhubungan, tidak hanya membahas warga Jakarta. Namun Ia juga menyoroti kerjasama untuk menata masyarakat yang berdomisili di luar Jakarta.

“Kedatangan kami ke sini untuk bisa audiensi, melakukan koordinasi terkait permasalahan transportasi di Jakarta. Tidak hanya penduduk di dalam provinsi, tapi juga terkait dengan mobilitas penduduk di wilayah luar Jakarta, dan penyelesaiannya memerlukan lintas wilayah. Intinya kita siap untuk bekerja bersama dengan Kemenhub untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan transportasi di Jakarta,” ujar Anies. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual