Mengenal Strategi Sales Mobil dan Mengatasinya

Panduan Pembeli

Mengenal Strategi Sales Mobil dan Mengatasinya

JAKARTA - Membeli mobil membutuhkan proses yang panjang. Umumnya, pembeli membutuhkan waktu satu hingga dua bulan untuk mempelajari kebutuhannya dan memutuskan membeli sebuah mobil.

Tentu setiap orang berharap bisa mendapatkan mobil baru yang terbaik. Namun membuang waktu untuk proses dan menemukan mobil yang tepat tentu cukup membuat frustasi. Dan hal yang paling membuat frustasi adalah ketika melakukan kesepakatan pada sales.

Dilansir dari cheatsheet.com, sales atau penjualan adalah sebuah seni, pengetahuan dan bahkan sebuah permainan. Salesman akan berusaha semaksimal mungkin meyakinkan Anda bahwa mobil tersebut akan meningkatkan kualitas hidup, membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan beragam keuntungan lainnya yang tidak dapat diraih dari kendaraan lain.

Tak hanya itu, mereka pun juga telah dilatih untuk membujuk konsumen agar membeli beberapa aksesoris atau sebagainya sehingga Anda mengeluarkan uang lebih banyak dari rencana. Dan berikut adalah beberapa trik yang digunakan Sales untuk merayu Anda.

Permainan Kata
Banyak sales yang menggunakan kata-kata cerdas untuk membujuk Anda membeli kendaraan. Daripada menggunakan kalimat tanya ‘Bisa saya bantu?’, mereka lebih suka menggunakan kalimat ‘Mau mencari mobil seperti apa?’ atau ‘Mau mencari mobil sedan atau SUV?’. Kalimat tanya tersebut mengurangi resiko jawaban penolakan seperti ‘Cuma lihat-lihat’ atau ‘Saya tidak perlu bantuan’. Bahkan, dengan kalimat tanya tersebut, salesman memiliki 1 langkah lebih maju untuk menemani Anda melihat-lihat mobil.

Sekitar setengah dari konsumen tidak memahami merk ataupun model yang mereka ingin beli ketika tiba di dealer. Ketika melihat-lihat sebuah mobil dan Anda menanyakan sesuatu terkait mobil tersebut, maka mereka akan menjelaskannya sedikit. Mereka akan menekankan fitur-fitur unggulan dan sebagainya. Namun bila Anda menunjukkan sikap tidak terlalu tertarik dengan fitur, maka Ia tidak akan menjelaskannya lebih lanjut.

Tapi Jika Anda menanyakan harga, mereka akan menjawab dengan harga yang mirip seperti ‘138 juta’, bukan ‘seratus tiga puluh delapan juta’. Dengan menggunakan jawaban tersebut maka harga akan terdengar lebih murah dari kenyataannya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya ‘belajar’ terlebih dahulu mobil yang ingin dilihat. Saat ini Mobil123 menyediakan fitur New Car Showroom’ yang membahas semua mobil di dealer resmi. Fitur, harga detail dan penilaian kami bisa Anda lihat semua di sana.

Taktik Harga
Jika Anda melakukan tukar tambah, maka orang dari dealer akan menilai harga dari mobil yang akan anda tukar. Saat memeriksa mobil, mereka akan ‘memainkan’ alat tulis, mengecek kerusakan yang ada dan beberapa gerakan lainnya untuk menunjukkan kelemahan dari mobil Anda.

Dengan ini mereka bisa menawar mobil dengan harga rendah namun sekaligus membuat Anda meresa beruntung. Sebab mobil Anda masih bisa terjual dengan harga setinggi mungkin yang bisa mereka diberikan.

Jika Anda sudah memilih mobil, jangan kaget bila sales memberi penawaran aksesoris tambahan. Penambahan tersebut bisa menambah biaya hingga jutaan rupiah dan biasanya akan ditolak. Namun bila mereka mengatakan bahwa harga tersebut bisa dicicil dan menambah biaya cicilan sebanyak beberapa ratus ribu, maka akan terdengar lebih menggiurkan.

Untuk mengatasi ini, pastikan Anda memiliki persiapan. Anda harus paham kemampuan finansial Anda untuk membayar cicilan dan total pembayaran mobil. Pahami juga jenis kredit yang ingin Anda ambil sehingga tidak mudah terpengaruh dengan penawaran lain.

Melakukan Penawaran Persuasif
Ada banyak alasan seseorang membeli mobil pengganti atau mobil kedua. Salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur terbaru dan untuk meningkatkan keselamataan berkendara. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ‘gengsi’ dan penampilan sesorang bila menggunakan mobil tertentu juga memiliki peran besar. Di sanalah sales mengambil kesempatan.

Beberapa sales cerdas akan menggunakan cermin atau jendela besar untuk menunjukkan penampilan Anda di kursi pengemudi. Mereka akan menyatakan betapa cocoknya Anda bila  mengemudi mobil tersebut.

Bisa juga mereka mengatakan bahwa mobil yang ingin dibeli tidak menunjukkan ‘kelas’ sosial Anda. Dengan begitu, mereka akan menawarkan mobil lebih mahal yang dianggap cocok untuk Anda.

Mereka juga memperhatikan fitur-fitur yang penting bagi Anda dan fokus pada hal itu. Jika fitur keselamatan menjadi perhatian Anda, maka mereka akan mencarikan mobil-mobil dengan fitur keselamatan tertinggi.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda fokus pada kendaraan yang Anda inginkan, Fokus pada manfaat jangka panjang dan ingat bahwa Anda melakukan pembelian besar dalam hidup Anda. Jangan termakan bujuk rayu yang justru membuat Anda khilaf. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual