Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mengemudi Sambil Makan dan Minum Bisa Gandakan Risiko Kecelakaan

Berita Otomotif

Mengemudi Sambil Makan dan Minum Bisa Gandakan Risiko Kecelakaan

Jakarta – Tahukah Anda bahwa makan dan minum saat mengemudikan mobil bisa mengganggu dan menggandakan risiko kecelakaan?

Baru-baru ini Road Safety dan GEM Motoring melakukan penelitian tentang hal tersebut di Inggris. Bahkan, makan dan minum dapat ditilang dan melanggar peraturan tentang mengemudi ceroboh.

“Kita harus menghindari gangguan-gangguan seperti makan dan minum saat mengemudi. Itu karena apapun yang menarik perhatian kita dari tugas mengemudi akan meningkatkan risiko tabrakan. Namun, terlalu banyak pengemudi yang tidak melihatnya sebagai masalah seperti membuka bungkus, menghirup kopi panas dalam sebuah perjalanan,” kata Neil Worth, pejabat keselamatan jalan raya GEM.

Menurutnya mengemudi saja merupakan pekerjaancukup rumit. Jadi jika Anda mencoba melakukan hal lain sekaligus akan membuat perjalanan lebih berisiko karena kita tidak sepenuhnya fokus pada tugas mengemudi.

“Jika tiba-tiba ada sesuatu yang salah maka kita cenderung bereaksi lebih lambat karena perhatian kita ada di tempat lain, dan ketika kita bereaksi, ada juga urusan makanan atau minuman untuk ditangani,” imbuhnya.

Pengemudi berpengalaman, menurutnya, tidak akan makan dan minum sewaktu mengemudi. Jangan percaya jika ada pengemudi yang bilang dia bisa melakukan banyak hal secara bersamaan (multi-tasking).

Dia menyarankan agar kita merencanakan perjalanan. Jika Anda lapar atau haus atau lelah maka pilihlan tempat-tempat yang aman seperti kawasan istirahat atau SPBU. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang