Mengapa Pertamax Turbo Dibutuhkan?

Mobil Baru

 Mengapa Pertamax Turbo Dibutuhkan?

JAKARTA -  PT Pertamina berencana melansir produk BBM (bahan bakar minyak) baru Pertamax Turbo di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. BBM terbaru tersebut akan memiliki nilai oktan atau Research Octane Number (RON) antara 95 – 100.

Pertanyaan yang pertama kali muncul, seberapa perlu perusahaan minyak negara ini melansir BBM dengan kualitas sedemikian ?

Semakin berkembangnya teknologi mesin tentunya harus diimbangi dengan bahan bakar yang berkualitas. Tren mesin dengan kompresi tinggi belakangan makin dipilih pabrikan untuk meningkatkan efisiensi BBM dan kadar emisi. Lalu apa itu rasio kompresi ?

Anda tak perlu mendadak menjadi ahli mesin untuk mengetahui rasio kompresi dari kendaraan Anda. Cukup liat spesifikasi yang ada, bisa lewat brosur atau coba lihat buku yang paling jarang dibuka di dunia, yaitu manual book yang biasanya tersimpan rapih di laci dashboard mobil Anda.

Setelah Anda mengetahuinya mari cocokan dengan tabel berikut.

Perbandingan Kompresi

Oktan Yang Dibutuhkan (RON)

5 : 1

72

6 : 1

81

7 :1

87

8 : 1

92

9 : 1

96

10 :1

100

11 : 1

104

12 : 1

108

Nah jangan kaget ketika menemukan mobil Toyota Avanza Anda memiliki perbandingan rasio kompresi 11.5 : 1. Itu artinya menggunakan Pertamax Plus saja sejatinya sudah tidak relevan dengan kebutuhan bensin mobil Anda.

Teori mengatakan semakin tinggi angka rasio kompresi maka semakin tinggi efisiensi mesin dalam mengorversikan sumber energi dari bahan bakar menjadi energi mekanis. Dan semakin tinggi angka rasio kompresi membutuhkan jenis bahan bakar yang mempunyai nilai oktan lebih tinggi.

Dan Anda juga tidak perlu repot-repot memikirkan waktu pengapian agar pembakaran sempurna, karena itu telah diatur oleh ECU.

Yang perlu Anda lakukan adalah memilih bensin yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Dan jika sayang dengan kendaraan, ingin konsumsi BBM lebih efisien dan peduli terhadap kelestarian lingkungan sudah saatnya Anda memilih RON dengan kualitas terbaik.

Dan itu adalah jawaban mengapa Indonesia butuh bensin berkualitas setara dengan Pertamax Turbo. Bukan semata untuk kendaraan di dunia balap saja. Karena mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza saja memiliki rasio kompresi yang tinggi, bagaimana kendaraan yang lebih mewah?

Mungkin Anda harus mengeluarkan dana lebih besar diawal saat membeli BBM sekelas Pertamax Turbo. Namun itu akhirnya menjadi investasi terbaik pada akhirnya. Karena pembakaran yang lebih sempurna membuat mesin menjadi lebih awet dan memiliki konsumsi bbm yang lebih irit. Serta tentunya Anda peduli dengan kelestarian lingkungan demi generasi mendatang. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual