Melihat Lebih Dalam Fitur Mitsubishi Pajero Sport Racikan Lokal

Panduan Pembeli

Melihat Lebih Dalam Fitur Mitsubishi Pajero Sport Racikan Lokal

JAKARTA – Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate telah dibekali sejumlah fitur keselamatan yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memasarkan Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate lebih mahal Rp 44 juta, dibandingkan varian Dakar 4x2 AT rakitan Thailand. Namun dibalik selisih harga yang harus ditebus konsumen, terdapat fitur unggulan yang berguna ketika berkendara di Tanah Air.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate rakitan pabrik baru mereka di Bekasi telah dilengkapi fitur 7 airbag, Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning, Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS) dan adaptive Cruise Control (ACC), atau sensor kecepatan adaptif dan cruise control.

Artikel bersambung dibawah

“Spesifikasi ini sebenarnya sudah diterapkan di mobil-mobil Mitsubishi lain yang tidak dipasarkan di Indonesia. Karena kami melihat fitur penting bagi konsumen, jadi baru kami terapkan sekarang. Kami melakukan study jauh sebelum peluncuran Pajero Sport Dakar 4x2 di Indonesia,” ujar Guntur Harling, Head of Product Planning Dep. PT MMKSI di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat (04/05/2017).

Dikatakannya bahwa fitur tersebut salah satunya untuk mencegah terjadinya tabrakan. Melalui teknologi FCM, kendaraan dapat mengerem secara otomatis dengan bantuan radar. Selain itu fitur canggih ini dapat diatur jaraknya melalui layar MID.

Tersedia tiga pilihan yakni far, medium dan close dimana jarak terjauh sekitar 10 meter dari kendaraan di depan. Fitur ini dapat diaktifkan melalui tombol yang terletak di sisi kanan pengemudi. Hal ini membuat pengemudi lebih nyamana dalam berkendara.

Upaya MMKSI dalam memasarkan model terlarisnya yang telah diproduksi di Tanah Air tersebut, masih terbuka peluang untuk terus dikembangkan. Guntur mengatakan sudah seharusnya mobil berbanderol Rp 549 juta dijejali lebih banyak fitur keselamatan.

“Kami akan memonitor terus kebutuhan yang ada di pasar seperti apa. Kami akan secara continue mengadaptasikan kebutuhan konsumen dengan fitur unggulan kami. Setidaknya melalui Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate konsumen mempunyai beberapa pilihan,” terang Guntur.

Fitur FCM pada Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate dikatakan tidak hanya mencegah terjadinya kecelakaan. Boediarto selaku Head of Technical Service Dep. PT MMKSI, mengatakan bahwa teknologi tersebut dapat membantu pengendara lebih tertib akan aturan lalu lintas jalan.

“Fitur FCM ini tergolong aktif, jadi ada hikmahnya kita beli mobil ratusan juta tapi bisa membuat kita tertib berlalu lintas. Tanpa FCM kebiasaan pengendara yang suka mepet-mepet dengan mobil di depannya jadi hilang. Karena sebenarnya kita kan harus jaga jarak dengan kendaraan di depannya. Dengan FCM jika terlalu dekat kita harus mengendurkan gas,” jelas Boediarto.

Dirinya mengesankan bahwa konsumen yang sudah pernah menggunakan fitur tersebut pasti akan ketagihan. Hal ini dikarenakan konsumen merasa diuntungkan dari manfaat teknologi tersebut.

“Mungkin konsumen akan merasa terganggu awalnya karena suara yang mengganggu. Tapi begitu tahu manfaatnya mungkin tidak mau matiin fitur FCM,” jelasnya.

Pada pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750 ribu. [Dew/Ari]

Kecepatan Kendaraan

Jarak Minimal

Jarak Aman

30 kpj

15 meter

30 meter

40 kpj

20 meter

40 meter

50 kpj

25 meter

50 meter

60 kpj

40 meter

60 meter

70 kpj

50 meter

70 meter

80 kpj

60 meter

80 meter

90 kpj

70 meter

90 meter

100 kpj

80 meter

100 meter

120 kpj

100 meter

120 meter

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support