Mau Mobil Lari Kencang? Mesin Honda Civic Type R Dijual untuk Umum Lho

Berita Otomotif

Mau Mobil Lari Kencang? Mesin Honda Civic Type R Dijual untuk Umum Lho

TOKYO – Kabar baik untuk Anda yang punya uang dan ingin membuat mobil standar Anda lari lebih kencang. Kini, Anda bisa mengganti mesinnya dengan mesin milik Honda Civic Type R yang akhirnya dijual untuk umum.

Civic Type R adalah salah satu mobil produksi massal mahakarya Honda. Bagaimana tidak, sedan berdaya 316 hp dan torsi 400 Nm ini telah memecahkan rekor di beragam sirkuit kenamaan dunia untuk kategori penggerak roda depan.

Jika tak bisa membeli mobilnya, mungkin Anda bisa membeli mesinnya. Soalnya, menurut laporan Carscoops baru – baru ini, Honda Performace Development memutuskan untuk menjualnya kepada khalayak umum.

Mesin berkode K20CI tersebut sebenarnya sudah mereka jual sejak 2017. Hanya saja, sebelumnya penjualan terbatas untuk para anggota dan tim yang terafiliasi atau bekerja sama dengan Honda Racing Team.

Masyarakat berduit yang kelak membelinya tak hanya mendapatkan mesin. Mereka juga mendapatkan komponen-komponen terkait lain yaitu alternator, turbocharger, starter motor, plus controls package.

mesin Honda Civic Type R K20CI

Paket pembelian termasuk pula Engine Controls Unit (ECU) spesial hasil pengembangan Honda Performance Development, engine swap harness, serta pedal gas. Seluruh komponen yang dijual telah dikembangkan dan didesain agar bisa dipasangkan dengan gampang untuk mobil – mobil di luar merek Honda.

“Kami di Honda Performance Development bangga bisa menawarkan kekuatan dari sebuah mobil Honda di paket yang terjangkau dan fleksibel (untuk dipasangkan di kendaraan lain—Red). Mesin K20C1 kami telah memenangkan banyak seri balapan yang diselenggarakan klub maupun profesional dan sekarang tersedia untuk aplikasi lebih luas,” ucap John Whiteman selaku Manager Honda Performance Development Commercial Motorsports.

Ini, lanjut Whitemen, merupakan strategi untuk memanfaatkan pengalaman serta keahlian Honda untuk para penggemar mereka yang terdiri dari berbagai rentang usia serta kategori. Mesin Civic Type R mulai tersedia pada 1 Mei 2021.

Jumlahnya terbatas hanya 93 unit. Adapun harganya adalah USD 6.790 (Rp 94,29 juta, USD 1 = Rp 13.888).

Peminat bisa membelinya via dealer yang bekerja sama dengan Honda Performance Development. Tidak diketahui apakah pasar Indonesia juga bisa mendapatkannya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar