Masa Depan F1 di Sepang Masih Misteri

Berita Otomotif

Masa Depan F1 di Sepang Masih Misteri

SEPANG – Pembicaraan mengenai Sirkuit Sepang tidak akan menggelar F1 di masa mendatang, akan segera dilakukan para petinggi terkait di Malaysia.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Sepang International Circiut (SIC) Datuk Razlan Razali. Pihaknya dan Departemen Keuangan Malaysia selaku pemegang saham utama akan melakukan diskusi membahas soal perpanjangan kontrak dengan F1 yang akan berakhir 2018.

Wacana utama dalam diskusi yang kabarnya akan di gelar pekan depan ini adalah tidak akan ada perpanjangan kontrak di masa mendatang. Artinya Sepang hanya akan menggelar balap F1 sampai 2018 saja.

Salah satu penyebab utamanya adalah karena penjualan tiket terus menurun 10 persen setiap tahunnya sejak tahun 2014. Hal ini semakin diperparah dengan penurunan jumlah penonton di televisi yang tercatat terendah dalam sejarah. 

Kendala lain pastinya datang dari tingginya biaya untuk menggelar lomba jet darat ini. Dalam Twitter-nya, Khairy Jamaluddin Meteri Olah Raga Malaysia membenarkan hal tersebut melalui postingannya baru-baru lalu. "Saya pikir kami harus berhenti menggelar F1 paling tidak untuk sementara waktu. Biaya untuk menggelar F1 sangat tinggi namun pemasukannya sangat terbatas." ujar Khairy.

Sepang sendiri telah menjadi tuan rumah F1 sejak 1999. Namun penjualan tiket balapan di sana terus mengalami penyusutan dimulai pada 2014. Menurut Datuk Razlan Razali, jumlah penonton F1 berbanding terbalik dengan MotoGP.

“MotoGP terlihat lebih menjanjikan dalam hal menarik jumlah penonton dan potensi mendatangkan pemasukan lebih banyak. Tahun lalu kami berhasil mendatangkan penonton hingga 85 ribu orang untuk MotoGP. Tahun ini saja semua tiket sudah terjual habis, termasuk di bukit berdiri,” jelas Razlan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa gelaran MotoGP, masih bisa ditingkatkan lagi jika bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. MotoGP sendiri dihelat di Malaysia sejak 1991 dengan menggunakan sirkuit Batu Tiga, Shah Alam, Pasir Gudang, Johor, kemudian Sepang sejak 1999.  [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support