Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mahasiswa Indonesia Ciptakan Mobil Terhemat di Dunia

Berita Otomotif

Mahasiswa Indonesia Ciptakan Mobil Terhemat di Dunia

LONDON – Mahasiswa-mahasiswa Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan Shell Eco-marathon Drivers World Championship 2016 (3 Juli).

Mobil UrbanConcept berenegi baterai elektrik “Turangga Cheta EV3” yang dibawa oleh tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi mobil tercepat sekaligus terhemat dalam ajang tersebut. Sementara peringkat kedua ditempati oleh tim ISEN Toulon, Perancis dan perikat ketiga diisi tim Mater Dai Supermileage High School dari Amerika Serikat.

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini sekaligus meraih gelar juara pertama di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Drivers World Championship,” kata Amin Sobirin, tim manager Tim Bumi Siliwangi Team 4, UPI.

Pada ajang ini, Tim Bumi Siliwangi Team 4 memberangkatkan 8 orang anggota tim yang terdiri dari Dosen Pembimbing, manager tim, anggota tim dan pengendara mobil. Mereka  berada di Inggris sejak tanggal 29 Juni 2016 untuk mengikuti uji seleksi pra Shell Eco-marathon Drivers World Championship.

“Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif dalam menciptakan mobil hemat energi sekaligus memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai mobil masa depan,” ungkap Darwin Silalahi, President Direktur, Country Chairman, Shell Indonesia.

Shell, untuk pertama kalinya menggelar ajang kompetisi baru bertajuk “Shell Eco-marathon (SEM) Drivers’ World Championship (DWC)” khusus untuk kategori mobil UrbanConcept yang digerakkan oleh mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) pada 03 Juli 2016 di Queen Elizabeth  Olympic Park, London. Kompetisi baru ini untuk pertama kalinya diselenggarakan sebagai bagian dari ajang tahunan Shell Eco-marathon Eropa (SEME) dan  berlangsung sejak 30 Juni – 03 Juli 2016

Untuk pertama kalinya, tim-tim mahasiswa dari seluruh dunia berkumpul dan bertarung dalam ajang balap mobil UrbanConcept untuk menemukan mobil paling cepat dan paling hemat di dunia. Tiga tim mahasiswa Indonesia yaitu Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI), Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tim yang diundang untuk bisa mengikuti ajang balap mobil SEM DWC ini. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang