Magnet Neodymium akan Menjadi Senjata All-new Honda Freed Hybrid

Berita Otomotif

Magnet Neodymium akan Menjadi Senjata All-new Honda Freed Hybrid

TOKYO - Daido Steel dan Honda akan menjadi 2 perusahaan pertama dalam menggunakan magnet neodymium yang dibuat dengan teknologi dan metode baru. Magnet neodymium ini akan disematkan pada all-new Honda Freed hybrid

Magnet neodymium memiliki kekuatan magnet tertinggi di antara semua magnet di dunia dan telah dimanfaatkan untuk motor dari kendaraan listrik termasuk kendaraan hybrid. Permintaan terhadap magnet ini diperkirakan akan tumbuh terus di masa datang.

Agar dapat digunakan pada motor kendaraan listrik, maka magnet neodymium harus memiliki sifat tahan panas karena bekerja dalam lingkungan bersuhu tinggi. Untuk itu, biasanya magnet neodymium akan ditambahkan dysprosium atau terbium yang merupakan sumber daya alam langka dengan menggunakan metode konvensional.

Artikel bersambung dibawah

Kelangkaan tersebut membuat biaya produksi naik sehingga Daido menggunakan metode berbeda untuk memproduksi massal magnet ini. Dengan metode ini maka magnet akan terlindung dengan butiran kristal berukuran nanometer sehingga magnet tetap mampu menahan panas.

Honda akan memanfaatkan magnet ini untuk motor kendaraan listrik. Caranya adalah dengan merevisi bentuk rotor agak dapat meningkatkan aliran magnetic flux dari magnet tersebut. Dengan demikian, magnet akan tetap memiliki kemampuan yang sama dengan magnet neodymium konvensional.

Dengan mengadopsi teknologi ini maka kendala dari SDA langka dalam penggunaan magnet neodymium terselesaikan. Honda akan memanfaatkan teknologi ini pada Honda Sport Hybrid i-DCD. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual