Lima Mobil Non-hybrid Paling Efisien di AS

Berita Otomotif

Lima Mobil Non-hybrid Paling Efisien di AS

CALIFORNIA – Di tengah-tengah gempuran mobil-mobil ramah lingkungan (listrik/hybrid), ternyata mobil bermesin konvensional masih mampu memberikan sumbangsih cukup besar terhadap perlindungan lingkungan.

Mobil-mobil ini mampu digunakan menempuh jarak jauh dengan hanya meminum sedikit bahan bakar. Hebatnya lagi gelar mobil efisien ini tidak hanya diraih oleh kendaraan berbodi mungil. Adapun sedan mewah seperti Jaguar XE juga dianggap mobil paling efisisen.

Mitsubishi Mirage

Artikel bersambung dibawah

Mobil yang mendapatkan peringkat paling efisien dari EPA (United States Environmental Protection Agency) adalah Mitsubishi Mirage. Hatchback berkapasitas 1,2-liter tiga silinder ini mampu meraih angka 39 mpg atau sekitar 16 km/liter dengan kombinasi gaya mengemudi.

Bahkan ketika dipakai berkendara di jalan bebas hambatan hasilnya lebih baik lagi (43 mpg – 18 km/l). Mirage dapat menempuh jarak 160 kilometer dengan hanya mengantungi 9 liter bahan bakar.

Honda Civic Turbo

Peringkat kedua disabet oleh Honda Civic Turbo. Honda melakukan inovasi besar-besaran pada sedan legendarisnya ini. Dengan mengurangi kapasitas mesin menjadi 1.5-liter, mereka menyematkan fitur turbo.

Hasilnya, Honda Civic Turbo mampu meraih angka 36 mpg atau sekitar 15 km/liter dengan kombinasi gaya mengemudi dan kondisi jalan. Sedan empat pintu ini hanya membutuhkan 10 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 160 kilometer.

Jaguar XE diesel 

Sedan mewah dari Inggris ini mendapat peringkat mobil konvensional paling efisien di AS. Dengan mesin 2.0-liter diesel yang dikawinkan dengan transmisi enam percepatan otomatis, Jaguar XE mampu membukukan angka 36 mpg atau sekitar 15 km/liter.

Hasil ini sebenarnya sama dengan raihan Honda Civic Turbo. Namun karena kapasitas tangki bahan bakar yang jauh lebih besar (14,8 galon/56 liter), mobil ini mampu menempuh jarak 533 miles atau sekitar 857 km dalam keadaan terisi penuh.

Mazda2 dan Toyota Yaris

Mazda 2 dan Toyota Yaris yang sama-sama meraih hasil 35 mpg atau sekitar 14.88 km/liter. EPA mengatakan kedua hatchback ini meraih hasil yang sama karena berasal dari satu DNA. Sharing platform antara kedua pabrikan membuat keduanya meraih hasil serupa.

Hyundai Elantra Turbo

Hyundai Elantra Turbo meraih angka 35 mpg atau 14.88 km/liter. Memang benar hasil yang diraih Sedan asal Korea ini sama dengan Mazda 2 dan Toyota Yaris. Namun kapasitas mesin Hyundai Elantra Turbo lebih kecil yakni 1.4-liter yang dipasangkan dengan transmisi otomatis.

Secara logika, dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, seharusnya mobil ini mampu lebih efisien. Namun faktanya sedan ini memiliki bobot lebih berat daripada kedua hatchback di atas. Kendaraan ini sendiri menggunakan bodi SkyActiv-Gpower yang dikembangkan oleh Mazda. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual