Lamborghini Urus, SUV Berkemampuan Super

Berita Otomotif

Lamborghini Urus, SUV Berkemampuan Super

BOLOGNA – Lamborghini akhirnya membuka selubung SUV terbarunya yakni Urus.

Manufaktur kendaraan berperforma asal Italia ini memutuskan untuk kembali meramaikan pasar SUV yang terus menggeliat. Meskipun bergenre SUV, produk terbaru Lamborghini tersebut tetap dibekali mesin dengan kemampuan super.

Menurut pihak Lamborghini, Urus menggendong mesin 4.0-liter V8 twin turbo. Dengan berbekal mesin tersebut, Urus diyakini memliki kemampuan yang serupa dengan supercar mereka yakni Aventador dan Huracan.

Dikatakan bahwa Lamborghini Urus mampu menyemburkan tenaga sebesar 541 hp dan torsi maksimum 850 Nm. Untuk berakselerasi 0 – 100 kpj, Urus hanya membutuhkan waktu 3,6 detik saja. Sebuah catatan yang fantastis bagi sebuah kendaraan bergenre SUV.

Sumber tenaga dari mesin disalurkan pada keempat ban alias all-wheel drive melalui sistem transmisi electro-hydraulically 8-speed automatic. Mobil ini juga dilengkapi dengan torque converter untuk sedikit menjinakkan tenaga besar yang dihasilkan mesin V8.

Disebutkan bahwa penyaluran torsi pada keempat roda terbagi dua menjadi 40/60, dengan maksimal 70 persen torsi yang disalurkan pada roda depan. Sementara roda belakang maksimal dapat menghasilkan 87 persen torsi.

Lamborghini Urus menawarkan enam pilihan mode berkendara seperti Strada, Sport, Corsa, Neve (salju), Terra (off-road) dan Sabbia (pasir) serta tambahan mode custom yakni Ego. Ketiga mode berkendara Urus seperti Neve, Terra dan Sabbia akan membuat ground clearance kendaraan bertambah tinggi. Sementara Strada, Sport dan Corsa akan membuat performa kendaraan lebih optimal di jalan raya maupun trek.

Secara dimensi, Lamborghini Urus memiliki panjang keseluruhan 5.112 mm, dengan lebar 2.016 mm dan tinggi 1.638 mm. Ukuran bodi SUV asal negeri Pizza ini bahkan lebih gambot dari Mercedes-Benz GLE Coupe, namun lebih ringan dari Porsche Cayenne Turbo.

Lamborghini Urus dipasarkan dengan harga Rp 2,7 miliar di Amerika Serikat. Sementara pengiriman pertama diharapkan datang pada musim panas 2018. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support