Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kuartal Pertama, VW Kalahkan Penjualan Toyota

Berita Otomotif

Kuartal Pertama, VW Kalahkan Penjualan Toyota

TOKYO - Pada kuartal pertama, Volkswagen Group berhasil merebut gelar perusahaan otomotif paling laris di dunia dari tangan Toyota Group.

Secara global, penjualan Toyota turun 2,3 persen pada kuarta pertama hinggi. Mereka hanya berhasil menjual sebanyak 2,46 juta mobil. Penurunan tersebut dimanfaatkan oleh VW Group untuk merebut tahta juara.

Meski masih berjuang akibat skandal emisi gas buang, VW Group berhasil menigkatkan penjualan mereka sebesar 0,8 persen menjadi 2,51 juta kendaraan yang telah terjual.

Sementara itu General Motors juga mengalami penurunan penjualan sebesar 2,5 pesen menjadi 2,36 juta mobil akibat penurunan penjualan di Amerika Selatan.

Penjualan Volkswagen Group secara global tidak mengalami dampak akibat skandal emisi gas buang yang terjadi beberapa waktu lalu. VW Group berhasil bertahan dan bahkan sukses menjatuhkan Toyota berkat besarnya permintaan mobil mewah seperti Audi dan Porsche juga Skoda.

Meski demikian, Volkswagen Group melaporkan bahwa mereka mengalami kerugian finansial terbesar dalam sejarah akibat skandal tersebut. Untuk itu pihaknya berharap agar tetap bisa tetap menjual sebanyak 9,93 juta mobil tahun ini atau sama dengan penjualan tahun lalu.

Lantas, apa yang menyebabkan penjualan Toyota menurun? Pabrik Toyota di Jepang ternyata sempat berhenti beroperasi selama 1 minggu penuh. Toyota menyebut kondisi tersebut harus dilakukan mengingat Jepang baru diterpa bencana gempa yang besar dan akibatnya ada banyak part tidak tersedia.

Padahal, pabrik Toyota di Jepang menyumbang sekitar 40% model di seluruh dunia. Hamper setengah dari jumlah produksi tersebut  dibuat untuk pasar ekspor. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang