Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Koleksi Buku Tua Bertema Otomotif Dijual, Harganya Setara 1 Pajero Sport!

Berita Otomotif

Koleksi Buku Tua Bertema Otomotif Dijual, Harganya Setara 1 Pajero Sport!

WASHINGTON D.C – Koleksi buku otomotif lawas nan bersejarah sedang dijual seharga mobil baru. Tak main – main, nominalnya setara banderol Mitsubishi Pajero Sport.

Koleksi buku tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo Australia pada awal pekan ini, sedang dijual secara online lewat situs Bring A Trailer. Ada 643 buku otomotif maupun motorsport klasik yang dijual dalam satu paket dan tak bisa dibeli terpisah.

Semuanya adalah milik John Lamm, jurnalis otomotif kenamaan asal Amerika Serikat yang meninggal dunia pada 5 Oktober 2020 silam pada usia 76 tahun akibat kanker kelenjar getah bening. Selama empat dekade terakhir, dirinya berkarya di Road and Track.

koleksi buku milik wartawan otomotif John Lamm

Harga koleksi buku Lamm bakal mencengangkan semua orang. Bagaimana tidak, banderolnya mencapai USD50 ribu atau sekitar Rp713,43 juta (USD1 = Rp14.268,70).

Sebagai perbandingan saja, angka itu di Indonesia hanya sedikit di bawah harga on the road Jakarta Pajero Sport tipe termahal yakni Dakar Ultimate 4x4. Per 31 Mei 2021, banderolnya ialah Rp733,7 juta.

Mitsubishi Pajero Sport

Berikut daftar harga Pajero Sport lengkap ketika artikel ini dinaikkan, untuk area DKI Jakarta dan sekitarnya:

  • Exceed 4x2 MT Rp 502,8 Juta
  • Exceed 4x2 AT Rp 517,8 Juta
  • GLX 4x4 MT Rp 567,8 Juta
  • Dakar 4x2 AT Rp 575,7 Juta
  • Dakar Ultimate 4x2 AT Rp 624,7 Juta
  • Dakar Ultimate 4x4 AT Rp 733,7 Juta

Koleksi Buku John Lamm

Di antara koleksinya ada buku – buku yang ditandatangi langsung oleh berbagai nama tersohor di dunia otomotif seperti Carroll Shelby, Phil Hill, and Roy Salvadori.

Koleksi Buku John Lamm soal Ferrari

Koleksi buku Lamm mengindikasikan kecintaan dia yang teramat dalam pada otomotif, khususnya Ferrari. Pasalnya, terdapat 83 buku yang terkait dengan mobil – mobil dari merek tersebut.

Ada lagi yang mengenai mobil – mobil Porsche (23 buku), Mercedes-Benz (22), Jaguar (19), Maserati (13), Mazda (13), serta BMW (12).

Koleksi Buku Mendiang Wartawan Otomotif John Lamm

Buku bertema motorsport kebanyakan berisi otobiografi pebalap, selain juga mengenai seri – seri balapan dunia spesifik atau pun sirkuit – sirkuit tertentu. Ada pula buku mengenai fotografi, desain mobil, tren otomotif, pameran otomotif, dan lain – lain. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang